Satu Hal Ini Wajib Dilakukan Orang Kristen Sebelum Membuat Resolusi Tahun Baru
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 1 January 2023

Kalangan Sendiri

Satu Hal Ini Wajib Dilakukan Orang Kristen Sebelum Membuat Resolusi Tahun Baru

Claudia Jessica Official Writer
1410

Berapa banyak dari resolusi tahun 2022 yang telah Anda capai? Kemudian resolusi apa yang akan Anda buat untuk tahun 2023 ini?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resolusi merupakan keputusan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan. Sederhananya, resolusi adalah keputusan tegas untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

Apa yang Alkitab katakan tentang resolusi? Alkitab tidak menjelaskan tentang resolusi tahun baru secara khusus, tetapi Alkitab berbicara tentang berhati-hati sebelum bersumpah di hadapan Tuhan. Lebih baik tidak membuat sumpah sama sekali, daripada membuat sumpah dan tidak menepatinya. (Pengkhotbah 5:5)

Setelah mengetahui hal ini, maka membuat suatu keputusan tegas untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dapat membantu kita bertumbuh secara rohani. Misalnya, kita bisa membuat resolusi tahun baru untuk membaca Alkitab setiap hari, atau memutuskan untuk berhenti mengeluh.

Ketika membuat keputusan seperti ini, kita harus melihat kepada Kristus tentang apa yang ingin Dia lakukan dalam kehidupan dan diri kita. Kita harus mengakui ketergantungan kita sepenuhnya kepada Tuhan.

Bersikaplah realistis dengan harapan Anda mengenai resolusi tahun baru. Pikirkanlah tentang apa yang dapat Anda capai bersama Tuhan, namun dalam batasan yang masuk akal. Ambillah waktu untuk berdoa sebelum membuat resolusi, kemudian berdoalah untuk resolusi tahun baru yang Anda ambil itu.

Ingatlah bahwa resolusi harus bertujuan untuk kemuliaan Tuhan, bukan milikmu.

Banyak orang yang membuat resolusi seperti menurunkan berat badan, rutin berolahraga, atau berhenti dari kebiasaan buruk. Ini adalah tujuan yang baik, namun jangan lupakan resolusi rohani. Misalnya seperti membaca Alkitab secara rutin, berdoa, berpuasa, menghadiri gereja ataupun belajar Alkitab.

Bagaimana dengan cara menjangkau yang terhilang bagi Kristus? Atau apakah mungkin bahwa Anda memiliki dosa yang sulit ditinggalkan, seperti kebohongan putih atau berbohong demi kebaikan, kesombongan, gosip, iri hati, atau hal lainnya?

Tulislah resolusi Anda untuk menghilangkan semua sikap buruk Anda kemudian pajang itu di tempat yang sering Anda lihat. Misalnya di cermin, dapur, wastafel, mobil, atau bahkan buat menjadi latar belakang ponsel Anda. Kemudian bekerjasamalah dengan teman atau keluarga Anda untuk selalu mengingatkan Anda tentang resolusi yang Anda buat. Kalian dapat saling melihat kemajuan dan mendorong satu sama lain agar tidak menyerah.

Berikut ini adalah 6 ayat Alkitab yang akan mendukung Anda dalam menjalankan resolusi tahun baru Anda:

Amsal 21:5 Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.

Amsal 13:16Orang cerdik bertindak dengan pengetahuan, tetapi orang bebal membeberkan kebodohan.

Amsal 20:25 Suatu jerat bagi manusia ialah kalau ia tanpa berpikir mengatakan "Kudus", dan baru menimbang-nimbang sesudah bernazar.

Pengkhotbah 5:5 Lebih baik engkau tidak bernazar dari pada bernazar tetapi tidak menepatinya.

2 Tawarikh 15:7 Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!

Amsal 15:22 Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.

Sumber : biblereasons.com
Halaman :
1

Ikuti Kami