3 Resolusi Tahun Baru Untuk Anda yang Dihantui Rasa Cemas Akan Uang
Sumber: British Council

Finance / 30 December 2022

Kalangan Sendiri

3 Resolusi Tahun Baru Untuk Anda yang Dihantui Rasa Cemas Akan Uang

Lori Official Writer
661

Prediksi ekonomi di tahun 2023 yang dinilai akan semakin memburuk tentu saja membuat banyak orang mulai dihantui rasa cemas. Meskipun kita belum tahu apa yang sebenarnya akan terjadi, tetapi kita cenderung mudah percaya dengan banyak prediksi. Akibatnya kita menjadi kehilangan rasa aman dan damai. 

Walaupun kecemasan bukanlah dosa, tapi Tuhan membentuk kita menjadi pribadi yang hidup dalam sukacita dan kedamaian. Karena itulah Rasul Paulus menulis supaya kita, “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” (Filipi 4: 6)

Ayat ini mengingatkan kita untuk tidak membiarkan kecemasan berkuasa atas hati kita. Sebaliknya, kita diminta untuk menanggapi setiap situasi di dalam doa dan ucapan syukur. 

Tak satupun dari kita yang tahu pasti apa yang akan terjadi ke depan. Ada beberapa hal yang bahkan kita tidak bisa kendalikan. Tetapi setidaknya kita bisa mengendalikan pilihan yang kita buat untuk menghadapi setiap situasi. Apakah Anda adalah salah satu diantara orang yang mulai merasa gugup, cemas dan takut menghadapi tahun 2023? 3 resolusi ini mungkin bisa membantu Anda untuk lebih siap menghadapi apapun yang akan terjadi ke depan.

1. Fokus jaga kesehatan fisik dan mental

Resolusi yang terpenting untuk Anda lakukan di tahun 2023 adalah fokus menjaga kesehatan fisik dan mental. Jika dunia memprediksi bahwa keadaan ekonomi akan semakin sulit, Anda hanya perlu mempercayakan masa depan Anda kepada Tuhan. Jangan biarkan prediksi tersebut membebani pikiran Anda dan membuat Anda jatuh sakit. Bayangkan jika Anda jatuh sakit, berapa besar biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mendapatkan kesembuhan.

Jadi daripada cari penyakit, lebih baik mengingatkan kepada diri sendiri bahwa menjaga kesehatan fisik dan mental jauh lebih penting.

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” (Filipi 4: 6-7)

 

2. Buat perencanaan masa depan

Orang bijak berkata bahwa perencanaan adalah langkah awal dari kesuksesan. Mungkin keadaan di depan bisa semakin sulit. Anda bisa saja kehilangan pekerjaan, usaha gagal dan banyak masalah lain yang terjadi secara tak terduga.

Tetapi sebagai makhluk yang diberi akal, kita bisa melakukan beragam upaya pencegahan. Salah satunya, Anda bisa menyusun rencana ke depan. Misalnya, menambah skill untuk meningkatkan karir, mulai membangun usaha, membuat target pencapaian, meningkatkan tabungan, menambah penghasilan dari pekerjaan lain dan sebagainya.

Sebagian dari kita mungkin tak menyadari jika ada banyak peluang yang bisa kita manfaatkan untuk mencegah hal-hal buruk terjadi atas hidup kita. Pilihannya ada di tangan kita.

“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” (Mazmur 90: 12)

 

3. Ubah gaya hidup

Jika uang adalah salah satu sumber kecemasan Anda menghadapi tahun 2023, maka Anda bisa memasukkan hal ini jadi salah satu list resolusi yang perlu dilakukan di tahun depan. 

Membenahi gaya hidup bisa sangat membantu Anda mengelola kembali keuangan. Jika sebelumnya Anda adalah tipikal yang cukup boros, maka tekadkan diri untuk mulai menata keuangan dengan bijak. Potong pengeluaran-pengeluaran yang tak penting dan buat buku keuangan yang jelas dan rutin.

“Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."” (Ibrani 13: 5)

Anda juga bisa melawan setiap rasa takut yang Anda alami dengan merenungkan dan memperkatakan firman Tuhan ini atas diri Anda.

2 Timotius 1: 7

Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

 

1 Yohanes 4: 18

Di dalam kasih (Tuhan) tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih (Tuhan).

 

Yesaya 43: 1

Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.

Kiranya setiap pembaca selalu dipenuhi damai sejahtera dan sukacita Tuhan selama melalui tahun-tahun ke depan. Percaya dan iman! Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami