4 Kota Ini Tetapkan Aturan Perayaan Tahun Baru 2023, Simak di Sini…
Sumber: CNN Indonesia

News / 29 December 2022

Kalangan Sendiri

4 Kota Ini Tetapkan Aturan Perayaan Tahun Baru 2023, Simak di Sini…

Lori Official Writer
573

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) telah menyampaikan sebelumnya jika masyarakat bisa merayakan Tahun Baru 2023 dengan sukacita. 

Meski begitu, beberapa provinsi telah mengambil langkah antisipasi dan pengamanan pergantian Tahun Baru 2023 dengan menetapkan beberapa aturan. 

Jika Anda kebetulan sedang berlibur di 4 kota ini, informasi ini mungkin akan sangat membantu Anda.

1. Surabaya, Jawa Timur

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menghimbau bagi warga Surabaya untuk mematuhi beberapa aturan perayaan pergantian malam Tahun Baru. 

Beberapa diantaranya yaitu dilarang menggelar pesta kembang api dan melakukan konvoi dan menggunakan knalpot brong.

“Saya berharap warga Kota Surabaya untuk menjaga keamanannya dan kenyamanannya. Saya berharap menjaga di wilayah masing-masing RW. Diperhatikan juga ada petasan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan,” ungkap Eri.

Selain itu, Eri juga menegaskan bahwa pihaknya akan mengadakan patrol di dalam kota untuk meniadakan konvoi dan knalpot brong oleh anak-anak remaja di berbagai wilayah di Surabaya.

 

2. Bandung, Jawa Barat

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memastikan kota Bandung akan dipadati oleh jutaan wisatawan sepanjang liburan Tahun Baru 2023.

Untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan, pemerintah setempat telah mengeluarkan aturan perayaan Tahun Baru 2023, diantaranya warga dilarang menyalakan kembang api di sejumlah lokasi padat wisatawan, seperti Gedung Sate, Lapangan Gasibu Alun-Alun Kota Bandung hingga Flyover Mochtar Kusumaatmaja.

“Berkaitan dengan pembakaran kembang api, sesuai edaran Kapolri itu tidak diperbolehkan. Lalu pergerakan massa juga akan dipantau untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dari mulai konflik hingga penyebaran virus (Covid-19),” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Benny Bachtiar.

 

Baca Juga: Berikut Jadwal Ibadah Tahun Baru 2023 di Gereja-gereja Jakarta

 

3. DKI Jakarta

Sementara di Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) mengumumkan akan menggelar pesta perayaan Tahun Baru 2023 di sejumlah lokasi, diantara Taman Mini Indonesia Indah dan Bundaran HI. 

Perayaan ini sengaja dibuat di berbagai tempat guna memecah konsentrasi massa. Sehingga tidak terjadi kerumunan massa. Meski begitu, pengunjung diharapkan bisa menjaga keamanan dan kenyamanan sepanjang perayaan pergantian Tahun Baru.

 

4. Yogyakarta 

Dinas Perhubungan DIY menyampaikan jiika jumlah wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta di Tahun Baru 2023 ini diperkirakan mencapai 4 juta orang. Meski begitu, pemerintah setempat tetap menegaskan bahwa kembang api diizinkan namun harus mengurus izin terlebih dahulu dari pihak kepolisian. Sementara kembang api yang tidak berizin tidak akan diperbolehkan. Selain itu, warga juga dilarang menggelar konvoi pergantian tahun baru dengan alasan untuk menjaga keamanan dan ketertiban warga maupun wisatawan yang tengah berlibur.

Pergantian Tahun Baru 2023 ini tampaknya akan sangat meriah. Meski begitu, masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Kita juga perlu berdoa supaya perayaan ibadah pergantian tahun di berbagai gereja di Indonesia berjalan dengan aman dan kondusif.

Tuhan Yesus Memberkati.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami