Siapa 3 Orang Majus yang Datang Saat Kelahiran Tuhan Yesus?
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 26 December 2022

Kalangan Sendiri

Siapa 3 Orang Majus yang Datang Saat Kelahiran Tuhan Yesus?

Lori Official Writer
830

Di tengah padang gurun Yudea, wilayah bagian Timur adalah lembah dan pegunungan Yordan, yang merupakan bagian dari Yordania modern. Pada zaman Alkitab daerah ini dikenal sebagai tanah Moab. 

Di sebelah Barat sekitar 10 mil jauhnya adalah kota Yerusalem, jika kita berada di sini sekitar 2000 tahun yang lalu, kita mungkin bertemu dengan orang Majus yang melintas.

Orang Majus yang dijelaskan dalam Injil Matius, mereka datang untuk mencari raja orang Yahudi yang baru lahir. Beginilah cara Matius menggambarkannya: 

Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia." (Matius 2:1-2) 

 

Siapakah Orang Majus Yang Datang Dari Timur Ini? 

Mereka diperkirakan adalah orang-orang yang mempelajari langit, seperti yang dikatakan dalam kitab Kejadian, bintang-bintang dapat menceritakan sebuah kisah. 

“Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun." (Kejadian 1:14-15)

Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya; hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam. Mazmur 19:1-2 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Nabi yang Nubuatkan Kelahiran Tuhan Yesus

 

Beberapa percaya orang majus berasal dari Babel, Irak modern. Mereka mempelajari surga dan menemukan sesuatu yang ajaib. Bintang-bintang menandai kedatangan Mesias Israel dan penyelamat dunia. 

Di film dokumenternya, “The Star of Bethlehem,” Rick Larsen berkata: sejarawan abad ke-1 bernama Philo menggambarkan seperti apa orang Majus itu. 

Dan akhirnya, file itu membahas orang Majus dan dia menggambarkan Sekolah orang Majus yang khusus serta menyebutnya sekolah timur dan orang Majus ini mendapat pujian.  Dia mengatakan orang-orang ini memahami tatanan alam dan mereka mampu menjelaskan maksud dari  tatanan alam itu dan mereka menurut catatan, mereka itu yang kita sebut sebagai ilmuwan proto. 

Mereka adalah ilmuwan pada zaman mereka, setidaknya sekolah orang Majus yang hebat ini, memiliki karakter itu. Kita tidak tahu apakah orang majus dalam Alkitab berasal dari sekolah orang majus di timur itu. 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Fakta Tentang Santa Klaus, Orang Kudus Dari Turki

 

Tapi tidakkah menurut Anda menarik bahwa Matius ingin kita tahu bahwa itu datang dari Timur. 

Ada yang berteori bahwa orang Majus Timur ini adalah keturunan dari zaman Daniel. Daniel tidak pernah pulang. Dia tinggal di sana, sampai dia meninggal dan saya yakin disana dia melatih orang-orang untuk meneruskan pekerjaannya. Mereka mungkin sekolah di Timur yang dijelaskan dalam file itu. 

Apakah teori ini benar? Saksikan kisah selengkapnya di Youtube Jawaban Channel di bawah ini.

 

Selamat hari Natal 

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami