Ditengah Renovasi, Gereja Legendaris di Jakarta Teguhkan Diaken dan Penatua
Sumber: GPIB

News / 25 December 2022

Kalangan Sendiri

Ditengah Renovasi, Gereja Legendaris di Jakarta Teguhkan Diaken dan Penatua

daniel.tanamal Official Writer
497

Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Jemaat Tugu, yang berada di Jakarta Utara saat ini masih dalam tahap renovasi gedung gereja. Dalam suasana tersebut, salah satu gereja legendaris di Jakarta itu melaksanakan Ibadah Natal sekaligus peneguhan Diaken dan Penatua periode 2022-2027, pada Minggu (25/23/2022).

Dirilis arcusgpib.com, Selasa (27/12/2022), peneguhan Diaken dan Penatua sempat tertunda karena gedung gereja dalam renovasi. Gereja yang khas dengan bangunan lama dan juga dikenal dengan khas musik keroncongnya ini memang sedang dalam tahap renovasi sejak pertengahan bulan Juli 2022.

Namun dalam perjalanannya, keputusan diambil untuk segera melakukan peneguhan Diaken dan Penatua pada Minggu 25 Desember 2022 bersamaan dengan ibadah Natal. Jadilah Ibadah Raya Natal di Hari Minggu bersamaan dengan Peneguhan Diaken dan Penatua periode 2022-2027 sebanyak 46 orang, dibawah tenda-tenda renovasi gereja, yang tidak menyurutkan semangat pelayanan para diaken, panitia pelaksana dan jemaat keseluruhan.

Pendeta Eddy Rudolf Rade, S.Th yang membawakan Firman Tuhan mengajak warga jemaat meneladani sikap gembala di Effrata yang hadir membawa kabar sukacita bagi sesama. Dikatakan bahwa dari gembala-gembala yang hina di padang Effrata kabar sukacita datang dan menggoncangkan dunia.

“Mereka (gembala) membawa sesuatu yang baru yang menggentarkan. Lalu kemudian menggoncang dunia ini dan mengatakan kepada orang banyak semua orang mendengar dan bersukacita. Gembala tidak dipandang keren, tidak dipandang terhormat, sehingga orang menjadi enggan untuk ketemu dengan gembala. Tapi di malam Natal, the First Noel, gembala diajak untuk menjumpai Tuhan yang lahir di Bethlehem,” seru Ketua Majelis Jemaat (KMJ) GPIB Tugu Pendeta Eddy Rudolf Rade, S.Th dalam khotbahnya, yang mengajak jemaat untuk meneladani para gembala.

GPIB Tugu, terus berproses dalam renovasinya, ditengah-tengah umat, yang dalam pelayanannya, gereja tersebut kini menginjak 274 tahun. Sebagaimana diketahui renovasi gereja yang saat ini dikerjakan juga meliputi 3 bangunan lainnya di sekitar gereja yakni gedung Serba Guna Yeruel, Panggung Seni dan Budaya, juga Pastori. 

 

Sumber : Daniel Tanamal - Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami