#FaktaAlkitab: Nabi yang Nubuatkan Kelahiran Tuhan Yesus
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 12 December 2022

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Nabi yang Nubuatkan Kelahiran Tuhan Yesus

Lori Official Writer
12326

Lokasi Pelayanan Nabi Yesaya

Nabi Yesaya adalah nabi yang melayani di daerah Yehuda Selatan Israel. Ketika Israel pecah menjadi dua kerajaan Utara dan Selatan maka Nabi Yesaya fokus melayani di daerah Selatan. Yesaya melayani berkotbah dan bernubuat selama 40 tahun Yerusalem. Ia menyampaikan pesan Tuhan kepada raja-raja, para pangeran dan rakyat. Yesaya melayani dalam masa pemerintahan 4 Raja Yehuda yang berbeda yakni pada zaman Raja Yosia, Raja Yopam, Raja Ahas dan Raja Hizkia. Dalam kepemerintahan Raja Hizkia Nabi Yesaya menjadi penasehat khusus sang raja dalam mengambil keputusan bagi orang Israel oleh karenanya Raja Hizkia memerintah dan membawa rakyatnya untuk takut kepada Tuhan.

 

Baca Juga: Fakta Alkitab: Yehezkiel, Nabi yang Diakui Banyak Agama

 

Penulis Kitab Yesaya Dalam Perjanjian Lama

Kitab Yesaya ditulis oleh Nabi Yesaya sekitar tahun 700 sampai 680 SM. Kitab Yesaya digolongkan sebagai kitab-kitab nabi besar bersama kitab Yeremia, Yehezkiel dan Kitab Daniel.

Hal ini disebabkan oleh tebalnya kitab serta luasnya jangkauan nubuatan mereka dalam kitab Yesaya ada 66 pasal. Sama seperti dalam Alkitab ada 66 kitab dan sangat menarik bahwa seperti Alkitab terbagi atas kitab Perjanjian Lama yang terdiri dari 39 buku dan Perjanjian Baru yang terdiri 27 buku.  Buku Yesaya itu terdiri dari dua bagian. Bagian Pertama adalah dari pasal 1 sampai 39, yang membahas khusus mengenai sejarah bangsa Israel dan bagian kedua dari pasal 40 sampai 66 berbicara khusus mengenai Injil kabar baik bagi umat manusia secara keseluruhannya. 

 

Kematian Nabi Yesaya 

Menurut tradisi Yahudi, Yesaya meninggal sebagai Martir dengan cara digergaji menjadi dua, bandingkan Ibrani 11:37, oleh Raja jahat yang merupakan putra dari Raja Hizkia.

Bagaimana kisah hidup Yesaya selengkapnya, saksikan di video di bawah ini.

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami