#FaktaAlkitab: Nabi yang Nubuatkan Kelahiran Tuhan Yesus
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 12 December 2022

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Nabi yang Nubuatkan Kelahiran Tuhan Yesus

Lori Official Writer
1450

Nabi Yesaya adalah seorang nabi besar yang juga merupakan penulis Kitab Yesaya. Dalam perjanjian lama Yesaya dipanggil sebagai nabi pada tahun 740 SM, setelah kematian Raja Yosia yang memerintah kerajaan Israel Selatan atau sering disebut juga Kerajaan Yehuda. 

Nama Yesaya disebutkan sebanyak 53 kali dalam 9 kitab di Alkitab. Namanya pertama kali disebut dalam 2 Raja-raja 19:2.

Arti nama Yesaya diambil dari bahasa Ibrani, Yesayahu yang berarti 'yahwe' atau penyelamat atau keselamatan dari Allah. Yesaya adalah anak Amos (Yesaya 38: 1). Yesaya menikah dengan seorang nabi (Yesaya 8: 3) dan melahirkan dua orang Putra yaitu Syria Syub dan Maher Syawal Hasyibas. Nama yang diberikan kepada kedua anaknya merupakan petunjuk mengenai misi pelayanannya dari keluarga terpandang dan berpendidikan menurut tradisi Yahudi.

Yesaya berasal dari keluarga raja dan diduga juga sebagai bangsawan. Yesaya adalah seorang yang berpendidikan tinggi yang sangat dihormati oleh penduduk Yerusalem. Ia memiliki karunia kenabian dan sering memberikan nubuat kepada para raja mengenai politik luar negeri Yehuda. Yesaya juga dikenal sebagai nabi yang paling memahami kesusastraan dan paling berpengaruh dari semua nabi yang menulis kitab.

 

Baca Juga: Yeremia, Menjadi Nabi Sejak Masih Sangat Muda dan Tegas Mengutuki Para Imam

 

Ajaran Pelayanan Yesaya

Dalam pelayanannya Yesaya selalu menitikberatkan kepercayaan kepada Allah sekalipun dalam keadaan yang paling sukar. Selain itu ia juga aktif dalam bidang politik. 

Dua ajaran penting penyampaian Nabi Yesaya dalam melayani Yehuda ialah penekanannya akan Yahweh sebaut dan kadosi Israel. Yahweh sebaut berarti Tuhan semesta alam yang memiliki segala kuasa di langit dan di bumi dan kadosi Israel yang berarti sang Kudus Israel. Yesaya meyakini bahwa Allah hadir secara aktif. Yesaya mengetahui bahwa Allah memakai kekuasaan dan kekuatan Asyur untuk menghukum orang Israel tetapi ia pun tahu bahwa kekuatan dan kekuasaan Ashur dibatasi pula oleh kekuasaan Allah.

 

Banyak Menubuatkan Kedatangan Mesias

Nabi Yesaya hidup satu zaman dengan Hosea dan Mikha. Ia juga turut menubuatkan kedatangan Yesus Kristus, diantaranya:

  • Nubuatan mengenai Mesias akan dilahirkan dari seorang perawan dan disebut Immanuel (Yesaya 7:14), yang digenapi dalam Matius 1: 23. 
  • Nubuatan Mesias akan disebut orang Nazareth dalam Yesaya 11:1, yang digenapi dalam Matius 2: 23. 
  • Nubuatan Mesias akan diutus untuk menyembuhkan orang yang patah hati (Yesaya 61: 1-2), yang digenapi dalam Lukas 4: 18-19.
  • Nubuatan Mesias akan diludahi dan dipukuli (Yesaya 50:6), yang digenapi Matius 26:67.
  • Nubuatan Mesias akan disalibkan bersama para penjahat (Yesaya 53: 12), yang digenapi Matius 27: 38.
  • Nubuatan Mesias akan menjadi korban penebusan dosa (Yesaya 53:5-12), yang digenapi dalam Roman 5:6-8.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami