Catat! Penderita Asam Urat Harus Jauhi Makanan Ini
Sumber: canva.com

Health / 8 December 2022

Kalangan Sendiri

Catat! Penderita Asam Urat Harus Jauhi Makanan Ini

Claudia Jessica Official Writer
702

Asam urat, penyakit yang menyerang persendian ini menyebabkan rasa nyeri yang berkepanjangan pada bagian tubuh tertentu. Dalam kasus tertentu, penderitanya akan mengalami kesulitan bergerak dan berjalan.

Tubuh kita secara alami memproduksi asam urat ketika tubuh memecah kimia yang disebut purin. Asam urat seharusnya dikeluarkan dari tubuh melalui urin, namun saat tubuh kelebihan asam urat, zat tersebut bisa menumpuk hingga membuat kristal dan menyebabkan nyeri pada persendian.

Purin yang menumpuk terlalu banyak dapat menumpuk dan menyebabkan persendian terasa nyeri.

Purin tidak hanya diproduksi secara alami oleh tubuh, tapi bisa kita temukan juga di dalam makanan tertentu. Maka dari itu, ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Apa saja?

1. Sayuran

Bayam, asparagus, jamur, brokoli dan kembang kol, adalah sayuran hijau yang kaya akan vitamin tetapi menjadi salah satu musuh besar dari penderita asam urat. Hal ini disebabkan oleh kandungan purin yang tinggi di dalam sayur-sayuran ini tidak baik untuk penderita asam urat.

2. Daging merah

Penderita asam urat dan kolesterol sebaiknya membatasi, bahkan menghindari untuk mengkonsumsi daging merah karena mengandung purin dan kolesterol yang tinggi. Namun, jika Anda benar-benar ingin mengkonsumsi daging merah, sebaiknya buanglah lemak yang menempel pada daging.

Kendati demikian, usahakanlah untuk menghindari daging merah dan Anda bisa menggantinya dengan daging putih seperti daging ayam atau kalkun. Pastikan untuk tidak mengkonsumsi kulitnya dan tidak diolah dengan cara digoreng ya!

3. Jeroan

Jeroan seperti ampela, babat, kikil, hati, ginjal, usus, dan otak mengandung purin yang sangat tinggi. Maka dari itu, pantang bagi penderita asam urat untuk mengkonsumsi makanan ini.

4. Minuman beralkohol

Minum beralkohol berisiko menyebabkan masalah kesehatan terutama bir, dapat meningkatkan produksi asam urat di dalam tubuh. Selain itu, bir juga dapat membuat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita harus menjaga kadar asam urat dan kolesterol tetap normal. Selain itu, sebaiknya lakukan olahraga rutin dan tidur dalam waktu yang cukup.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami