Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Dimulai Senin Hari Ini
Sumber: googleusercontent.com

News / 5 December 2022

Kalangan Sendiri

Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Dimulai Senin Hari Ini

Claudia Jessica Official Writer
604

Presiden RI Joko Widodo memastikan pembangunan rumah untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai dilaksanakan pada hari hari ini (Senin, 05/12/2022). Pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 16 hektar di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Hal ini disampaikan ketika presiden mendatangi lokasi bencana di Posko Peduli Bencana Paspampres di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang; Pesantren Darul Falah Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang; dan lokasi pembangunan rumah relokasi di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur.

“Mulai hari ini (Senin) pembangunan rumah di tempat relokasi Desa Sirnagalih sudah dimulai. Pembangunan harus segera dilaksanakan karena kasihan warga di pengungsian sudah kedinginan,” ujar Jokowi di Posko Pengungsian Cijedil, Kecamatan Cugenang, Senin (05/12/2022).

Pemerintah menyiapkan 56 ribu unit rumah untuk merelokasi tempat tinggal warga karena lokasi rumah warga saat ini dianggap berbahaya dan rentan diguncang gempa. Hal ini direkomendasikan sendiri oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kepada Presiden Jokowi.

Jokowi meminta masyarakat untuk bersabar karena pembangunan 56 ribu unit bukanlah persoalan yang mudah. Namun ia berjanji untuk melakukannya dengan cepat agar cepat selesai dan warga dapat segera pindah dari tenda-tenda pengungsian.

Sementara itu, pada hari Kamis nanti, dana bantuan untuk memperbaiki rumah akan segera dicairkan. Jokowi memastikan bantuan senilai Rp50 juta, Rp25 juta, dan Rp10 juta akan mulai cair pada Kamis, 08 Desember 2022. Bentuknya bisa tunai langsung atau melalui transfer ke tabungan milik warga.

“Mulai Kamis pencairan segera dilakukan, baik diserahkan langsung secara tunai maupun melalui transfer ke tabungan milik warga,” papar Jokowi.

Ia akan memastikan warga akan mulai melakukan aktivitas perbaikan rumah yang mengalami kerusakan skala ringan dan sedang agar ada pergerakan ekonomi yang dapat membantu menyangga kehidupan mereka.

Sumber : tempo
Halaman :
1

Ikuti Kami