Batuk Kering atau Batuk Berdahak Bisa Kamu Atasi dengan 4 Minuman Herbal Ini
Sumber: canva

Health / 1 December 2022

Kalangan Sendiri

Batuk Kering atau Batuk Berdahak Bisa Kamu Atasi dengan 4 Minuman Herbal Ini

Claudia Jessica Official Writer
715

Batuk, penyakit yang satu ini mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang. Namun batuk bisa sangat mengganggu aktivitas dan cukup menyakitkan. Tak jarang batuk yang keras dapat membuat tenggorokan, perut, hingga kepada jadi terasa sakit akibat tekanan yang terjadi saat batuk.

Kita bisa menemukan obat batuk dengan mudah di apotek dengan mudah. Namun kita juga bisa mengatasi batuk dengan cara tradisional yang menggunakan bahan alami.

Sebelum memutuskan untuk membeli obat di apotek, cobalah untuk menggunakan bahan alami ini guna meringankan gejala batuk. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk.

1. Jahe

Saat batuk, tenggorakan yang terinfeksi akan mengalami peradangan dan iritasi. Untuk itu, Anda bias meredakannya dengan bahan alami yang mengandung antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri.

Kabar baiknya, ketiga kandungan tersebut bisa kita dapatkan dalam jahe. Poton-potong atau pukul jahe, kemudian direbus dengan air panas. Anda juga bisa menambahkan sedikit gula atau madu untuk menambah rasa.

Kandungan antibakteri dan antivirus yang terdapat dalam jahe dapat meningkatkan system imun untuk melawan infeksi dalam saluran pernapasan sekaligus mencegah berkembangnya virus dan bakter baru.

Selain itu, jahe juga dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan akibat batuk kering, juga melemaskan otot yang menegang akibat batuk.

2. Madu

Sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit, madu memiliki kandukan antioksidan, antiinflamasi dan demulcent.

Demulcent adalah zat yang dapat membentuk lapisan di selaput lendir, sehingga berfungsi sebagai penenang dan pelindung dari iritasi atau peradangan.

Madu dapat mengurangi frekuensi batuk, membantu untuk memproduksi lapisan pelindung yang meringankan iritasi atau inflamasi pada membrane mukosa.

Zat analgesic yang dikandung madu dipercaya dapat menghentikan infeksi pada penyakit yang menyebabkan batuk keting maupun batuk berdahak.

Untuk mengoptimalkan efeknya, minumlah satu sendok the madu secara langsung dalam kondisi perut kosong, atau campur madu dengan teh atau perasan lemon.

3. Lemon

Salah satu buah-buahan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami adalah lemon. Lemon dapat memberikan asupan vitamin C untuk tubuh Anda sekaligus mengurangi radang terjadi di tenggorokan.

Vitamin C yang terkandung di dalam lemon dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk membasmi kuman, termasuk infeksi saluran pernapasan yang merupakan penyebab batuk.

Caranya pun sederhana, cukup campurkan satu sendok teh perasan lemon dengan satu sendok teh madu dan konsumsi beberapa kali dalam sehari.

4. Air garam

Garam yang sangat mudah untuk kita jumpai ini bias digunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tenggorokan. Air garam juga mampu membantu untuk mengencerkan dahak yang menggumpal di belakang tenggorokan sehingga dapat merekan batuk.

Caranya campurkan ¼ atau ½ sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat, kemudian aduk hingga larut. Selanjutnya, berkumurlah dengan larutan ini setiap tiga jam sekali selama 3-4 hari dalam sehari.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami