Apa yang Bisa Saya Lakukan untuk Menolong Korban Bencana Alam?

Single / 22 November 2022

Kalangan Sendiri

Apa yang Bisa Saya Lakukan untuk Menolong Korban Bencana Alam?

Claudia Jessica Official Writer
311

Cianjur dilanda gempa pada Senin (21/11/22) siang kemarin. Sampai saat ini korban mencapai 162 orang dan beberapa warga lainnya harus mengungsi karena rumah mereka rusak akibat gempa.

Mendengar bencana seperti ini mungkin membuat Anda berpikir, “Apa yang bisa saya lakukan untuk menolong mereka?”

Firman Tuhan dalam Galatia 6:22 mengatakan, “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.”

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengulurkan tangan dalam membantu korban yang terdampak dari bencana alam seperti ini, apa saja?

 

1. Berdoa

Hal pertama yang bisa kita berikan kepada korban bencana alam adalah dukungan melalui doa-doa kita. Ketika kita tidak bisa datang langsung ke tempat kejadian, hal paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah doa.

Meski terlihat sepele, sebagai orang percaya, kita yakin bahwa ada kekuatan dalam doa yang melebihi dari apa yang bisa dilakukan oleh manusia. Di dalam doa, kita terhubung dengan Tuhan dan Dia mampu melakukan apa yang tidak bisa kita lakukan.

Marilah kita berdoa untuk para korban bencana alam agar mereka selalu kuat dalam menghadapi keadaan yang terjadi kepada mereka saat ini, dan Tuhan selalu melindungi mereka senantiasa.

 

BACA JUGA: 10 Ayat Alkitab Soal Perlindungan Tuhan di Tengah Bencana Alam

 

2. Memberikan bantuan langsung

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk terjun langsung ke lokasi bencana. Maka dari itu, jika Anda memiliki kemampuan untuk terjun langsung membantu di lokasi bencana, Anda bisa pergi.

Ada begitu banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di lokasi bencana. Mulai dari mendistribusikan bantuan yang ada, membereskan puing-puing bangunan, menata ulang jalan, hingga memberikan pelayanan kesehatan.

 

3. Memberikan obat-obatan, barang, makanan, dan minuman

Ada juga mereka yang tidak bisa memberikan bantuan jasa secara langsung di lokasi bencana, bisa memberikan beberapa bantuan seperti memberi obat-obatan, masker, makanan, minuman, hingga pakaian bersih yang bisa digunakan selama tiga hari kedepan.

Mengingat korban bencana tidak bisa melakukan banyak hal seperti memasak, Anda bisa mengirimkan makanan instan yang bisa langsung dimakan seperti sosis siap makan, sereal, susu, mie instan, makanan kaleng, abon, dan roti.

Terkadang para korban bencana juga kesulitan mendapatkan akses untuk mendapatkan pakaian bersih, maka dari itu Anda bisa juga memberikan pakaian yang masih layak untuk digunakan, bahkan juga selimut.

 

BACA JUGA: Yuk Jadi Sukarelawan Menolong Korban Bencana, Iniloh 4 Keuntungannya Untukmu!

 

4. Berdonasi melalui lembaga atau yayasan yang terjun langsung ke lokasi bencana

Anda bisa mencari lembaga-lembaga atau yayasan atau kelompok tertentu yang menyalurkan bantuan langsung ke lokasi bencana terjadi, seperti CBN yang bekerjasama dengan OBI.

CBN dan OBI menyalurkan bantuan berupa sembako dan obat-obatan ke lokasi bencana, dalam hal ini adalah Cianjur yang terdampak akibat gempa yang terjadi. Anda bisa mengirimkan dukungan Anda ke BCA 522.0309.292 atas nama Yay. Obor Berkat Indonesia.

Mari kita mengulurkan tangan untuk menolong saudara-saudara kita yang menjadi korban dari gempa Cianjur.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami