Ini yang Harus Dilakukan Orang Kristen Saat Rayakan Thanksgiving

Kata Alkitab / 22 November 2022

Kalangan Sendiri

Ini yang Harus Dilakukan Orang Kristen Saat Rayakan Thanksgiving

Lori Official Writer
396

Siapa sangka jika budaya Thanksgiving yang saat ini menyebar hingga ke berbagai belahan negara ternyata awalnya adalah perayaan bersejarah bagi orang Amerika Serikat.

Sejak November 1863, Presiden Abraham Lincoln menetapkan Thanksgiving sebagai hari untuk bersyukur kepada Tuhan atas anugerah dan kecukupan yang Dia berikan atas Amerika Serikat. Kemudian setelah tahun 1941, hari Thanksgiving ini menjadi hari libur nasional yang jatuh setiap hari Kamis di minggu keempat di bulan November.

Bagaimana sejarah panjang negara AS ini berkaitan dengan keyakinan orang Kristiani? Secara alkitabiah, kita menemukan hal-hal yang berkaitan dengan ucapan syukur hampir di semua bagian Alkitab. Di Perjanjian Lama, umat Tuhan mempersembahkan korban ucapan syukur. Bangsa Israel menyanyikan lagu syukur saat mereka dibebaskan dari pasukan Firaun setelah menyeberangi Laut Merah (Keluaran 15). Belakangan, Hukum Musa menyisihkan tiga kali setiap tahun ketika orang Israel akan berkumpul berdama. Perayaan Roti Tak Beragi atau Hari Raya Paskah (Keluaran 12: 15-20), hari pentakosta (Imamat 23: 15-21), dan Hari Raya Pengumpulan Daun atau Tabernakel (Imamat 23: 33-36) menjadi perayaan yang menitikberatkan pada sikap mengucap syukur.

 

Baca Juga: 7 Doa Ucapan Syukur Bareng Keluarga di Momen Natal Ini

 

Di kitab Mazmur, misalnya, banyak sekali berisi tentang lagu-lagu ucapan syukur atas berkat Tuhan kepada umat Israel maupun atas berkat Tuhan  secara pribadi kepada setiap orang.

Di Perjanjian Baru, ada banyak bagian kitab yang berisi ajakan untuk selalu bersyukur kepada Tuhan. Ucapan syukur merupakan bagian dari doa-doa kita. 

Ada beberapa ayat yang mengingatkan kita untuk selalu mengucap syukur (giving thanks) yaitu:

1 Tesalonika 5: 16-18

Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

 

Filipi 4: 6

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

 

1 Timotius 2: 1

Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang.

 

Pergeseran Makna Thanksgiving

Seiring berlalunya waktu dan semakin sekulernya masyarakat kita, makna Thanksgiving yang kita rayakan saat inipun menjadi berubah makna. Thanksgiving hanya dianggap sebagai sebuah perayaan pesta saja. 

Lalu bagaimana seharusnya orang Kristen merayakan Thanksgiving? 

Thanksgiving adalah waktu mengucap syukur. Mengucap syukur adalah sebuah tindakan. Sebagaimana disampaikan di beberapa ayat di atas, bahwa kita diminta untuk mengucap syukur. Kita harus secara aktif mengucap syukur kepada Tuhan atas kuasa dan pekerjaan besar yang Ia sudah lakukan.

 

Baca Juga: 10 Ayat Alkitab Ini Jadi Alasan Kenapa Kita Harus Merayakan Thanksgiving

 

Tentunya mengucap syukur tidak hanya kita lakukan saat perayaan Thanksgiving saja. Tapi kita perlu melakukannya setiap hari.

Jadi hari ini apakah Anda sudah mengucap syukur atas setiap berkat dan kebaikan Tuhan?

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami