Udah Tahu Belum Manfaat Mendengarkan Lagu Rohani?

Kata Alkitab / 4 November 2022

Kalangan Sendiri

Udah Tahu Belum Manfaat Mendengarkan Lagu Rohani?

Claudia Jessica Official Writer
619

Hampir setiap hari kita mendengarkan musik. Di rumah, di kantor, bahkan tempat umum pun memutar musik untuk menambah warna suasana seakan musik telah menjadi kebutuhan manusia. Beberapa orang bahkan gak ragu untuk berlangganan aplikasi streaming untuk mendengarkan lagu.

Musik hadir dengan berbagai jenis seperti musik rock, jazz, pop, hiphop, dangdut bahkan ada juga musik rohani. Tahu gak sih, mendengarkan musik atau lagu punya manfaat baik bagi kita. Misalnya untuk mengurangi stres, menyalurkan emosi, membantu konsentrasi, memperbaiki suasana hati, dan masih banyak lagi.

Bagi orang Kristen, musik juga digunakan untuk mengekspresikan penyembahannya kepada Tuhan. Gak jarang musik juga menjangkau orang-orang yang lagi berbeban berat. Gak hanya sampai di sini, musik atau khususnya lagu rohani ini juga punya banyak manfaat main lho, apa saja ya?

 

1. Memberi kekuatan dan harapan

Gak sedikit orang yang mengaku mampu mengatasi masalah karena merasa mendapatkan kekuatan dan harapan dari lagu rohani. Contohnya adalah penyanyi Gisella Anastasia yang selalu mengandalkan lagu “Sujud di Altar-Nya” ketika mengalami fase sulit dalam hidupnya.

“Saat hati terasa berat, tak seorangpun mengerti bebanku. Kutanya Yesus, apa yang harus kubuat.’ Itu kayak benar-benar langsung deng gitu,” ungkap Gisel dalam salah satu tayangan superyouth podcast.

 2. Mengingatkan kembali tentang kebaikan Tuhan

Terkadang sulitnya hidup membuat kita lupa betapa baiknya Tuhan dalam hidup kita.

Lirik pujian dan penyembahan yang menguatkan, mengungkapkan besarnya cinta Tuhan, anugerah dan kesetiaan Tuhan banyak tertuang dalam lagu-lagu rohani. Tak heran banyak orang yang merasa lagu rohani menjadi penolong hidupnya.

3. Mengubah hal negatif menjadi positif

Apakah Anda setuju jika lagu rohani memberikan warna tersendiri? Rasanya lagu rohani mampu meredakan perasaan kita yang tidak karuan menjadi lebih tenang. Misalnya saat sedang merasa cemas, gelisah, atau mungkin emosi, lagu rohani bisa menghilangkan semua perasaan negatif itu.

Selain karena lirik dan melodinya yang menenangkan hati, tentunya ada penyertaan Tuhan di balik setiap lagu-lagu rohani sehingga mampu mengatasi perasaan negatif yang kita rasakan.

4. Mengingatkan kita bahwa kita tidak pernah sendirian

Masalah yang kita hadapi sering membuat kita merasa tidak memiliki siapa-siapa yang mendukung kita. Padahal Tuhan selalu ada bersama kita. Dia tidak pernah kemana-kemana, apalagi meninggalkan kita sendirian dengan permasalahan yang begitu besar. Tuhan Yesus selalu ada bersama kita, Dia memegang kita, Dia tidak akan membiarkan kita jatuh.

Cobalah ambil waktumu dan menyanyikan beberapa lagu pujian sambil bercerita kepada Tuhan tentang permasalahan yang sedang kita hadapi.

5. Mengingatkan kita untuk bersyukur

Lagu rohani ga cuma membantu kita disaat kesusahan. Lagu rohani juga bisa mengingatkan kita untuk bersyukur. Beberapa lagu rohani memang sengaja diciptakan untuk mengungkapkan rasa syukur kita kepada Tuhan. Banyak sekali alasan untuk kita merasa senang, tapi bukankah kita juga bisa bersyukur tanpa alasan? Seperti Tuhan yang mengasihi kita tanpa alasan, bukankah kita juga bisa melakukannya?

Yuk bagikan artikel ini kalau kamu merasa terberkati.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami