Fakta Alkitab: Saat Tuhan Murka dan Hendak Membunuh Musa (Part 2)

Fakta Alkitab / 31 October 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Saat Tuhan Murka dan Hendak Membunuh Musa (Part 2)

Lori Official Writer
518

Kali ini kita akan mendengarkan kelanjutan kisah Tuhan yang hendak membunuh Musa. Apakah Tuhan benar-benar tega membunuh Musa?

Musa dan keluarga beserta rombongannya beberapa kali harus bermalam di tengah perjalanan mereka terkadang bermalam dengan membangun tenda atau beristirahat di penginapan. Suatu malam ketika Musa dan keluarganya tidur di penginapan Tuhan mendatangi Musa.

Sebenarnya peristiwa pertemuan antara Tuhan dan Musa adalah hal yang sudah sering terjadi. Tetapi kali ini Musa sangat terkejut karena Tuhan hendak membunuhnya. Ziphora, istrinya menyadari situasi tersebut. Kemudian Ziphora bergegas melakukan sebuah tindakan unik. Ia mengambil pisau batu dan ia memotong kulit katan alat vital Gerson, anak lelakinya. Setelah itu Ziphora menyentuhkan potongan kulit katan itu pada kaki Musa sambil berkata, "Sesungguhnya engkau pengantin darah bagiku. Lalu Tuhan tidak jadi membunuh Musa." (Keluaran 4: 25-26).

Mengapa Tuhan hendak membunuh Musa? Tuhan sendiri yang memerintahkan Musa sebagai pembebas bangsa Israel di Mesir tetapi Tuhan juga yang hendak mencabut nyawa Musa. Bagaimana mungkin Tuhan hendak membunuh orang yang bersedia diutusnya. Banyak tafsir untuk menjawab pertanyaan sulit itu. Ada penafsiran bahwa Musa lalai, tidak melakukan sunat pada anak laki-lakinya. Padahal sunat masih menjadi hukum yang wajib ditaati di zaman Perjanjian Lama. 

 

Baca Juga:

Fakta Alkitab: Murka Allah Bangkit Hingga Ingin Memusnahkan Musa

Inilah Mukjizat yang Dilakukan Imam Besar Pertama Bangsa Israel

 

Tuhan memerintahkan semua laki-laki yang tidak disunat harus dihukum mati. Hukum sunat menjadi ikatan perjanjian antara Tuhan dan Abraham. Anak laki-laki Musa tidak bisa menanggung hukuman itu karena ia masih kecil. Oleh karena itu, hal ini menjadi tanggung jawab Musa sebagai orang tuanya. Kelalaian Musa ini mendatangkan konsekuensi dan Tuhan menjatuhkan hukuman mati pada Musa.

Kisah Musa ini mengajarkan bahwa ketidaktaatan bisa memiliki berbagai konsekuensi Tuhan bisa memberi hukuman apa saja termasuk kematian bagi

manusia yang tidak taat, terbukti dari kisah ini. Kita bisa belajar bahwa Tuhan sangat marah kepada Musa karena Musa yang seharusnya mengajarkan hukum Allah Israel, malah tidak mematuhi hukum Tuhan sendiri.

 

Jika saat ini ada dosa yang mengikat kamu, sehingga kamu sulit untuk menjadi umat yang taat maka kamu dapat menghubungi layanan Sahabat24 yang siap mendoakan kamu dan membawa kamu terbebas dari beban yang kamu pikul. Hubungi melalui kontak Whatsapp di 0822 1500 2424.

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami