6 Tips yang Orang Tua Perlu Lakukan Saat Bawa Anak ke Acara Penuh Kerumunan Orang

Relationship / 31 October 2022

Kalangan Sendiri

6 Tips yang Orang Tua Perlu Lakukan Saat Bawa Anak ke Acara Penuh Kerumunan Orang

Lori Official Writer
510

Bepergian ke acara-acara besar bersama anak memang akan sangat menyenangkan. Tetapi orang tua juga perlu memikirkan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. 

Belum lama ini, kita berduka dengan kejadian besar seperti yang terjadi di lapangan Kanjuruhan, Malang yang menelan korban ratusan orang baik anak, remaja hingga dewasa. Atau kejadian yang baru-baru ini terjadi di Itaewon, Korea Selatan yang menewaskan ratusan anak muda setelah berdesak-desakan di tengah perayaan Halloween. Kedua insiden ini terjadi di tengah kerumunan orang banyak.

Acara-acara besar yang berujung pada tragedi ini tentunya membuat semua orang tua semakin berhati-hati ketika hendak membawa anak ke acara-acara besar yang melibatkan kerumunan orang.

Supaya anak tetap aman, Anda bisa melakukan 6 tips ini.

1. Tentukan tempat bertemu

Saat mengikuti sebuah festival yang penuh orang, ada baiknya memberitahukan anak suatu tempat bertemu jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tak disangka-sangka. Misalnya, anak terpisah dari kelompok karena tersesat. 

Dengan memberitahukan titik temu, keluarga bisa lebih mudah mencari keberadaan anak.

 

Baca Juga: Kenapa Hal Buruk Menimpa Keluarga Baik-baik?

 

2. Segera lakukan pertolongan pertama

Membawa anak kecil ke tengah kerumunan anak, bisa membuatnya mudah lelah. 

Karena itu, tetap awasi kondisi anak. Jika ternyata dia mulai kelelahan atau lemas karena kurang oksigen, segera lakukan pertolongan pertama. Carilah tempat yang tenang dan jauh dari kerumunan. Ambil waktu supaya anak beristirahat.

 

3. Berhati-hati saat kerumunan orang mulai berdesak-desakan

Saat yang paling memungkinkan bisa terpisah dengan anak adalah ketika kerumunan orang mulai berdesak-desakan. Anak bisa jadi kebingungan dan terbawa di tengah kerumunan tersebut. 

Karena itu penting bagi orang tua untuk selalu memegang erat tangan anak. Bila perlu gendong atau rangkul mereka.

 

4. Pastikan untuk tetap sehat

Satu-satunya orang yang bisa anak andalkan adalah orang tua. Jangan pernah bepergian ke sebuah acara besar dalam keadaan terpengaruh alkohol atau obat-obatan. Karena selama acara, Anda perlu menjaga dan mengawasi anak. Jadi tetaplah dalam kondisi sehat dan sadar.

 

Baca Juga: Jangan Sepele! Ini Lho Manfaat Ajak Anak Menyembah Tuhan Bersama-sama

 

5. Jauhi kerumunan

Satu pelajaran yang bisa orang tua petik dari insiden di Itaewon adalah untuk tidak membawa anak ke tengah kerumunan orang. Akan lebih baik menunggu hingga barisan atau jalanan mulai lenggang supaya keamanan anak tetap terjamin.

 

6. Batasi acara-acara yang ingin diikuti

Tentu saja kita tak pernah tahu kapan peristiwa buruk akan terjadi. Yang bisa kita lakukan adalah mencari tahu standar keamanan yang diterapkan di dalam acara tersebut. Misalnya, lokasi yang dipakai apakah aman atau tidak, berapa banyak kapasitas orang yang hadir, bagaimana regulasi acara dan apakah aman untuk anak? 

Orang tua perlu memastikan setiap hal ini secara detail. Karena akan sangat menentukan tingkat keamanan anak selama mengikuti acara.

Cara-cara di atas hanyalah langkah pencegahan sederhana yang bisa setiap orang tua lakukan. Selain itu, Anda juga penting untuk melibatkan Tuhan di dalam setiap perjalanan atau aktivitas yang Anda lakukan. Pastikan untuk selalu mengandalkan tuntunan Tuhan sebelum memutuskan untuk menghadiri sebuah acara besar. Atau pastikan untuk berdoa lebih dulu sebelum bepergian dan meminta penjagaan dan perlindungan Tuhan atas Anda dan seluruh keluarga.

Semoga artikel ini membantu Anda untuk tetap berhati-hati di dalam segala hal.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami