Jangan Sepele! Ini Lho Manfaat Ajak Anak Menyembah Tuhan Bersama-sama

Relationship / 26 October 2022

Kalangan Sendiri

Jangan Sepele! Ini Lho Manfaat Ajak Anak Menyembah Tuhan Bersama-sama

Lori Official Writer
499

Sejak awal, umat Allah sudah memahami bahwa penyembahan adalah bagian penting di dalam keluarga. Sama seperti Yesus menyambut orang-orang yang mau menerima Dia, Yesus juga menyambut setiap anak dan menjadikan mereka bagian dari kerajaan Allah (Markus 10: 13-16).

Orangtua bukan saja hanya bisa dihibur oleh tingkah lucu anak-anak di dalam penyembahan. Tetapi jauh lebih dari itu, anak perlu dilibatkan dalam penyembahan karena 3 manfaat ini.

1. Menyembah Tuhan bisa membuat anak mengenal Tuhan sejak dini.

Seorang anak bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang dewasa tentang bagaimana menyembah Tuhan yang sejati. 

Meskipun anak-anak tidak mampu memahami apa yang orangtua mereka lakukan, tetapi mereka bisa belajar untuk menyambil sikap yang benar dalam menyembah Tuhan.

 

Baca Juga: 6 Alasan yang Disebutkan Yesus di Matius 18 Tentang Peran Anak Dalam Gereja

 

2. Menyembah bersama anak menumbuhkan kebiasaan persekutuan yang baik.

Parents, tahukah Anda Timotius sudah diajarkan soal kebenaran firman Tuhan sejak bayi (2 Timotius 3: 15). Hal serupa juga perlu Anda lakukan melalui penyembahan.

Mengajak anak menyembah bisa menjadi kebiasaan yang membentuk mereka menjadi pribadi yang kuat di dalam Tuhan. 

Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa tubuh anak-anak bisa mengingat pengalaman di masa-masa kecilnya. Karena itulah latih anak membentuk kenangan yang bisa mereka ingat hingga mereka dewasa.

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” (Amsal 22: 6)

 

Baca Juga: Kebiasaan Ini yang Pantasnya Orang Tua Wariskan dan Tidak Wariskan Pada Anak

 

3. Penyembahan bisa membuat anak dekat dengan Tuhan.

Mazmur 8: 2 menyampaikan bahwa, “Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.”

Di dalam Matius 21: 12-17, Yesus mengutip Mazmur 8 untuk mengingatkan orangtua bahwa anak-anak justru bisa menjadi teladan penyembahan kepada Tuhan. Melalui penyembahan kuasa Tuhan dinyatakan atas anak dan semua orang.

Kenapa tidak melibatkan anak-anak Anda di dalam penyembahan bersama? Jadi luangkan waktu selama 10-15 menit setiap hari untuk menyembah Tuhan bersama anak-anak Anda.

Sumber : Thegospelcoalition.org
Halaman :
1

Ikuti Kami