Tak Perlu Pencitraan, Lakukan Ini Untuk Membuat Nilai Anda Tinggi di Mata Orang Lain

Finance / 25 October 2022

Kalangan Sendiri

Tak Perlu Pencitraan, Lakukan Ini Untuk Membuat Nilai Anda Tinggi di Mata Orang Lain

Lori Official Writer
452

Ada banyak orang yang rela berhutang untuk meningkatkan kualitas dirinya demi mendapatkan attention atau perhatian dari orang lain. Ada juga yang memilih numpang tenar dari orang-orang terkenal demi menaikkan citra dirinya.

Tapi tahukah Anda, cara-cara ini hanya akan bertahan sementara. Orang-orang mungkin akan melirik pada awalnya, tetapi lama kelamaan mereka akan kecewa. Satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan nilai Anda adalah dengan disiplin diri.

Anda akan jauh lebih menarik di mata orang lain saat Anda memiliki disiplin diri. Karena disiplin adalah akar dari kepemimpinan. Bagaimana cara kita hidup dan cara kita menambahkan nilai yang baik di dalam diri kita sendirilah yang akan menarik orang-orang datang kepada kita. Bukan pencitraan atau bahkan tampilan luar kita.

Kenapa disiplin bisa membuat nilai kita tinggi di mata orang lain?

1. Karena disiplin melahirkan kepercayaan (trust). Seseorang yang disiplin pasti tidak suka datang telat. Prinsipnya, lebih baik menunggu daripada ditunggu. Di dunia kerja atau bisnis, tidak ada orang yang tidak suka dengan orang-orang yang disiplin. 

Bagaimanapun, kedisiplinan terhadap waktu ini akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan atau rekan bisnis untuk membangun kerja sama. Dalam artian, orang-orang tentunya akan lebih percaya kepada seseorang yang menerapkan kedisiplinan di dalam dirinya dibandingkan seseorang yang tidak disiplin.

 

Baca Juga: 7 Kebiasaan Mengelola Keuangan Ala Orang Kaya, Nomor 4 Patut Ditiru!

 

2. Orang yang disiplin secara alami akan mulai menarik orang-orang untuk datang karena mereka mengagumi kedisiplinannya.

Itu sebabnya kita suka dengan menyaksikan pertandingan olahraga para atlet. Kita mengagumi kedisiplinan yang mereka sudah jalani untuk menghadapi pertandingan tersebut.

Hal itu juga yang membuat banyak atlet kerap dijadikan sebagai ambassador atau duta dari sebuah produk tertentu untuk menjual kedisiplinan yang mereka jalani. Apalagi jika cara hidup dan kebiasaan mereka sangat mempengaruhi banyak orang.

 

3. Orang yang disiplin akan selalu memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kedisiplinan.

Saat Anda disiplin, Anda secara otomatis menetapkan standar tertentu kepada orang-orang di sekitar Anda dan biasanya standar ini akan selalu berada di atas standar orang lain. Hal inilah yang membuat orang yang tidak disiplin merasa tertekan.

Orang-orang yang standar keunggulannya rendah akan selalu merasa tertekan oleh orang-orang yang memiliki standar keunggulan yang lebih tinggi. Seperti contoh, restoran yang memberikan pelayanan biasa saja akan selalu mendapatkan komplain dari para pembeli yang mengharapkan standar pelayanan yang tinggi.

 

Baca Juga: 5 Prinsip Ini Loh Kunci Yusuf Sukses Hadapi Krisis Ekonomi di Masa Alkitab

 

Jadi apakah Anda ingin hidup dengan standar yang tinggi? Maka mulailah melatih diri Anda untuk disiplin di dalam berbagai hal. 

“Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa.” (Amsal 12: 24)

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami