Nanas, Buah Paling Cocok untuk Anda yang Sedang Diet!

Health / 20 October 2022

Kalangan Sendiri

Nanas, Buah Paling Cocok untuk Anda yang Sedang Diet!

Claudia Jessica Official Writer
584

Nanas memiliki banyak sekali manfaat kesehatan lebih dari yang kita bayangkan lho. Ahli diet Julia Zumpano, RD membeberkan tentang bagaimana buah tropis yang manis ini mampu meningkatkan kesehatan Anda.

Nanas mengandung rendah kalori dan tinggi vitamin serta mineral. Satu cangkir potongn nanas dapat menghasilkan Vitamin C, mangan, serat, vitamin B, dan berbagai mineral.

Nanas membantu penyembuhan jaringan

Menurut Julia, nanas adalah satu-satunya makanan yang mengandung bromelain, dan enzin yang dapat membantu penyembuhan kulit dan jaringan. Bromelain menghasilkan zat yang memerangi rasa sakit dan pembengkakan.

Mengkonsumsi bromelain dari nanas dapat membantu penyembuhan kulit setelah operasi atau cedera.

Melawan peradangan

Radang adalah proses yang terjadi ketika tubuh melawan penyakit. Namun terlalu banyak peradangan, terutama dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kondisi seperti rheumatoid arthritis dan kanker.

Kandungan anti-inflamasi dalam bromelain dapat membantu melawan peradangan dan menekan pertumbuhan tumor tertentu. Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran berwarna, termasuk nanas adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah kanker dan masalah kesehatan lainnya. Kendati demikian, mengkonsumsi nanas bukan jaminan kita akan terbebas dari kanker.

 

BACA JUGA: Kisah Dibalik Pohon Nanas Yang Sudah Kering dan Mati

 

Membantu pencernaan

Nanas mengandung sejumlah besar serat yang berkaitan dengan pencernaan yang lebih baik. Bromelain dianggap dapat membantu pencernaan meskipun tidak ada cukup bukti ilmiah yang mengatakannya dengan pasti.

Meredakan nyeri artritis

Kekuatan anti-inflamasi bromelain nanas dapat meredakan nyeri bagi penderita osteoarthritis. Jika Anda mengalami nyeri sendi akibat osteoartritis, cobalah menambahkan nanas ke dalam makanan Anda. Tapi jangan berhenti minum obat atau mengubah dosis Anda tanpa berbicara dengan dokter Anda.

Membantu menurunkan berat badan

Kebanyakan ahli penurunan berat badan merekomendasikan diet kaya buah-buahan dan sayuran jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan. Tapi nanas bisa menjadi sahabat buah terbaik diet Anda karena enzimnya mungkin membantu pembakaran lemak.

Membantu pemulihan pasca-latihan

Ketika otot Anda bekerja keras, akan terjadi peradangan yang menyebabkan rasa sakit yang tak terhindarkan selama beberapa hari. Tetapi dengan mengkonsumsi nanas ke dalam smoothie pasca-latihan, mungkin membantu Anda kembali ke rejimen latihan Anda sedikit lebih cepat.

 

BACA JUGA: Riset: Nanas Bisa Sembuhkan Luka Diabetes

 

Apa yang membuat nanas begitu sehat?

Nutrisi yang terkandung dalam nanas menjadikannya makanan penutup yang sehat. 165 Gram nanas mengandung 75 kalori tanpa kolesterol, natrium, atau lemak.

 

Sementara itu, beberapa klaim mengatakan bahwa manfaat nanas masih memerlukan studi lebih lanjut, namun tidak bisa disangkal bahwa nanas mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Sumber : health.clevelandclinic.com
Halaman :
1

Ikuti Kami