Ibu Kota Banjir, 5 Hal Ini yang Perlu Dilakukan Selama Musim Penghujan

News / 10 October 2022

Kalangan Sendiri

Ibu Kota Banjir, 5 Hal Ini yang Perlu Dilakukan Selama Musim Penghujan

Lori Official Writer
379

Di bulan Oktober 2022 ini, musim penghujan telah dimulai. Akibat curah hujan yang cukup tinggi, sebagian wilayah di ibu kota Jakarta terendam banjir.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta banjir telah merendam sebanyak 33 RT di ibu kota atau sekitar 0.108% dari 30.470 RT yang ada.

Selain Jakarta, bencana banjir juga terdampak di provinsi lain seperti Bali, Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur hingga Kalimantan. Hingga saat ini korban banjir hanya bisa mengungsi dan masih menunggu bantuan.

 

Baca Juga: Musim Hujan dan Banjir, Waspadai Penyakit Ini!

 

Sementara BMKG mengumumkan bahwa prediksi hujan lebat akan terjadi pada 9-15 Oktober 2022 di hampir 34 provinsi kecuali Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumatera Barat (Sumbar).

“Untuk periode 9 - 15 Oktober BMKG memprediksi potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di hampir 34 provinsi. Kecuali untuk wilayah Sumatra Barat dan Nusa Tenggara Timur," ungkap Karnawati Dwikorita, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dia juga mengingatkan jika periode 8-14 Oktober 2022 ini akan terjadi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Indonesia seperti di Sabang, Aceh, Samudra Hindia, Selat Sunda, Banten, Jawa Timur, Selat Bali, Lombok, Selat Sumba hingga Samudra Hindia dan Natuna.

Untuk mewaspadai banjir dan bencana alam lainnya akibat curah hujan tinggi, BMKG menghimbau masyarakat untuk melakukan 5 hal berikut:

1. Memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

2. Melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih massif.

 

Baca Juga: Musim Hujan Datang, Waspada 6 Penyakit Ini Sering Menyerang

 

3. Melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang.

4. Mengantisipasi arus bawah listrik, saluran air, kubangan dan tempat-tempat yang tergenang air. Hal yang paling vital dilakukan adalah mematikan semua jaringan listrik. 

5. Perhatikan makanan yang dikonsumsi selama banjir. Hindari makanan yang terkontaminasi air banjir karena bisa menyebabkan diare dan gangguan pencernaan lainnya.

 

Baca Juga: Ribuan Orang Terdampak Banjir dan Tanah Longsor Di Balikpapan

 

Selain itu masyarakat juga diaharapkan tetap update dengan informasi terkini seputar banjir dan curah hujan yang berlangsung saat ini. Pastikan untuk mengevakuasi beragam benda-benda penting di dalam rumah jika daerah yang ditinggal memang rawan banjir.

Yang terpenting di atas semua, tetap berjaga-jaga. Pastikan Anda dan seluruh keluarga selamat dana man dari beragam bencana.

Sumber : Kompas.com | Detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami