3 Kewajiban Orang Kristen Supaya Jadi Berkat Bagi Masyarakat Sekitar

Kata Alkitab / 7 October 2022

Kalangan Sendiri

3 Kewajiban Orang Kristen Supaya Jadi Berkat Bagi Masyarakat Sekitar

Lori Official Writer
713

Hidup yang bermakna adalah identitas yang melekat kepada setiap orang yang mengaku imannya kepada Kristus. Perubahan hidup yang dikerjakan Roh Kudus dalam hidup kita haruslah Nampak dan dapat dirasakan oleh masyarakat di sekitar kita. Kita harus menghasilkan buah pertobatan yaitu hidup yang menjadi berkat bagi sesama.

Buah pertobatan ini diwujudkan di dalam tindakan dan perbuatan baik yang memuliakan Tuhan. Seperti yang disampaikan di dalam Matius 5: 16, “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan 

Untuk menghasilkan hidup yang menjadi berkat bagi masyarakat sekitar, orang Kristen memiliki 3 kewajiban yang harus dilakukan yaitu:

1. Hidup Menjadi Garam Dunia

“Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.” (Matius 5: 13)

Manfaat garam selain untuk membuat sesuatu yang tawar menjadi berasa, juga sebagai bahan pengawet makanan, dapat membunuh kuman dan mencegah pembusukan.

Sebagai orang yang hidup di dalam Kristus, keberadaan kita di tengah-tengah dunia atau masyarakat ini harus bisa memberi rasa. Rasa yang kita punya harusnya memberkati orang-orang di sekitar kita.

 

2. Hidup Menjadi Terang Dunia

“Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.” (Matius 5: 14)

Yesus adalah sumber cahaya, menjadi terang dunia berarti kita merepresentasikan sikap hidup yang mengikuti teladan Yesus. Orang Kristen tidak seharusnya menarik diri dari dunia ini atau juga menyembunyikan terangnya di bawah gantang karena dunia sedang dilanda kegelapan dan memerlukan terang.

Terang Kristus harus bersinar melalui kehidupan kita. Ada pepatah yang berkata lebih baik menyalakan sebuah lilin daripada mengutuki kegelapan.

 

3. Hidup Yang Bercahaya

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Matius 5: 16).

Hidup yang bercahaya artinya sebagai orang percaya kita harus mampu menjadi pembimbing dan menuntun orang lain yang tersesat dan memberikan pengharapan, nasihat dan motivasi kepada orang-orang yang membutuhkan.

Ada banyak orang di sekitar kita yang merasa dirinya tidak berharga, penuh kebencian, stress, disinilah peran orang Kristen hadir memberikan kesadaran bahwa kita semua berharga di mata-Nya.

Dunia butuh orang-orang Kristen yang mencerminkan kasih yang berbeda dari yang sudah ada. Dunia butuh orang-orang Kristen yang bisa melakukan hal-hal menakjubkan dan memberkati. Maukah Anda hari ini menjadi berkat bagi orang lain di sekitar Anda?

Anda bisa ikut bergandengan tangan bersama pelayanan CBN Indonesia untuk melayani generasi anak, orang tua dan masyarakat. Yuk kenali pelayanan kami lebih dekat di sini.

Sumber : GBI
Halaman :
1

Ikuti Kami