Fakta Alkitab: Barnabas Pemimpin Gereja Mula-mula yang Membantu Paulus dalam Pelayanannya

Fakta Alkitab / 7 October 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Barnabas Pemimpin Gereja Mula-mula yang Membantu Paulus dalam Pelayanannya

Claudia Jessica Official Writer
810

Apakah Anda tahu siapakah Barnabas? Dia adalah salah seorang pemimpin gereja mula-mula yang muncul di Kisah Para Rasul. Barnabas memiliki hubungan dekat dengan para rasul dan sempat menjadi teman sepelayanan Rasul Paulus.

 

Nama asli Barnabas

Barnabas memiliki nama asli Yusuf, ia adalah seorang Lewi dari wilayah Siprus. Mirip dengan Rasul Paulus, Barnabas adalah orang Yahudi yang berasal dari wilayah Asia Kecil. Dia adalah diaspora Yahudi di Siprus (Kis. 4:36).

Nama Barnabas baru muncul setelah kenaikan Yesus ke surga. Banyak teolog percaya bahwa Barnabas bukanlah bagian dari murid-murid pertama Yesus (12 murid, 70 murid, dan 120 murid). Kemungkinan besar, Barnabas menjadi orang percaya setelah Yesus naik ke surga, yaitu saat pencurahan Roh Kudus, dimana Rasul Petrus berkhotbah, dan membawa 5000 orang bertobat (Kis. 4:4).

Nama Barnabas adalah pemberian dari para rasul setelah ia memberi dengan murah hati. Nama Yusuf diubah menjadi Barnabas oleh para rasul setelah ia menjual ladangnya dan mempersembahkan hasil penjualannya kepada para rasul (Kis. 4:36-37). Tindakan Barnabas yang murah hati, menginspirasi orang percaya yang lain untuk melakukan hal yang sama termasuk Ananias dan Safira. Tetapi, mereka melakukannya dengan motivasi yang salah dan kisahnya berakhir tragis dengan kematian pasangan suami istri tersebut (Kis. 5:1-11).

 

Orang pertama yang menerima Saulus

Barnabas menjadi orang pertama yang menerima Saulus seorang mantan menganiaya Jemaat. Setelah 3 tahun sejak pertobatan Paulus, ia kembali ke Yerusalem. Namun, jemaat di sana masih trauma dan takut dengan sosoknya. Saat itulah muncul Barnabas dan menjadi satu-satunya orang yang mempercayai pertobatan Paulus bahkan mempertemukan dia dengan para rasul lainnya (Kis. 9:26-27).

Sosok Barnabas dikenal sebagai orang baik, penuh Roh Kudus, dan iman sekalipun Barnabas bukanlah bagian dari kedua belas rasul, namun dia adalah seorang pemimpin gereja mula-mula yang sangat berpengaruh dan juga dikenal sebagai orang baik penuh dengan Roh Kudus dan iman seperti tertulis dalam Kisah Para Rasul 11:22-24.

 

Menjadi mentor bagi Paulus di awal pelayanannya

Saat Paulus kembali ke Tarsus karena menghadapi ancaman pembunuhan di Yerusalem, Barnabas diutus oleh jemaat Yerusalem untuk melayani Jemaat di Antiokia. Di sana, ia teringat oleh sosok Paulus sehingga ia pergi ke Tarsus  untuk menjemputnya dan mengajaknya ikut melayani di Antiokia.

Oleh pelayanan Barnabas dan Paulus, jemaat Antiokia semakin berkembang, dan disanalah pengikut Yesus pertama kali disebut sebagai orang Kristen (Kis. 11:20-26).

 

Menjadi rekan pelayanan misi Paulus

Kita bisa belajar dari kepemimpinan Barnabas, di mana ia bergerak dari seorang mentor bagi Paulus, kemudian menjadi rekan pelayanan misi baginya (Kis. 11:14). Ia adalah orang yang dapat mendorong seseorang untuk maju dan mencapai potensi terbaiknya.

 

Pernah dikritik Paulus berlaku munafik

Dalam Galatia 2:11-14, Barnabas dan beberapa orang Yahudi dikritik dengan keras oleh Paulus karena berlaku munafik. Ia mengingatkan bahwa kelakuan mereka yang menjauhi orang-orang percaya bukan Yahudi karena masalah sunat adalah salah. Sebab orang percaya dibenarkan bukan karena perbuatan, tetapi karena imannya kepada Yesus Kristus. Pada akhirnya permasalahan ini diselesaikan bersama dengan bantuan Rasul Yakobus sebagai penengah.

 

Berpisah dengan Paulus

Sewaktu Paulus mengajak Barnabas untuk melakukan perjalanan misi kedua mereka, Barnabas ingin mengajak keponakannya yang bernama Markus, namun ditentang oleh Paulus. Perbedaan pendapat itu membuat keduanya mengambil jalan yang berbeda. Paulus akhirnya pergi dengan Silas, sedangkan Barnabas dan Markus (Kisa. 15:35-41).

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami