Biar Sekolah Minggu Gak Membosankan, Ajak Anak-anak Main Ini Yuk!

Relationship / 6 October 2022

Kalangan Sendiri

Biar Sekolah Minggu Gak Membosankan, Ajak Anak-anak Main Ini Yuk!

Claudia Jessica Official Writer
760

Belajar Alkitab adalah hal yang penting untuk dilakukan setiap keluarga Kristen, tetapi membuat anak-anak untuk terlibat di dalamnya menjadi tantangan bagi banyak orangtua dan guru-guru sekolah minggu. Anak-anak mudah sekali kehilangan fokus dan merasa bosan.

Maka dari itu, diperlukan cara khusus untuk menarik perhatian anak-anak untuk mengikuti kegiatan belajar Alkitab. Jawaban.com telah menyiap 5 ide bagi Anda untuk membuat suasana belajar Alkitab jadi menyenangkan bagi anak-anak. Cara-cara yang akan kita bawah di bawah ini juga bisa digunakan untuk Anda yang menjadi guru sekolah minggu lho!

 

1. Game mencocokkan Alkitab

Game mencocokkan Alkitab membutuhkan ingatan yang bagus untuk mencocokan beberapa variabel. Misalnya seperti nama-nama rasul, sepuluh perintah Allah, dan masih banyak lagi.

Cara bermain: Anda bisa menggunakan kartu untuk permainan ini. Acak kartu-kartu tersebut dan mintalah anak-anak Anda untuk mencocokkan masing-masing kartu sesuai dengan kategorinya.

2. Tebak tokoh Alkitab

Ada banyak cara untuk memainkan permainan ini, salah satunya adalah dengan cara mendeskripsikan tentang tokoh Alkitab yang dipilih. Siapkan beberapa kertas yang telah dipotong-potong dan tulis nama-nama tokoh Alkitab di atas kertas tersebut. Kemudian minta anak-anak untuk mengambil kertas tersebut secara acak dan minta mereka untuk mendeskripsikan tentang tokoh yang dimaksud sampai orang lain bisa menebaknya dengan benar.

3. Bingo Alkitab

Buat kartu Bingo dengan jawaban atas pertanyaan tentang karakter Alkitab, cerita atau ayat Alkitab. Setelah anak-anak mengisi kartu bingo sesuai dengan tema yang telah ditentukan, ajak anak-anak untuk mengisi ruang saat mereka menemukan jawaban yang benar di kartunya.

Orang pertama yang membuat garis naik, turun atau diagonal adalah pemenangnya. Simpan hadiah dan beberapa kartu Bingo yang berbeda untuk terus bersenang-senang.

4. Teka-teki silang

Buatlah teka-teki silang bertema Alkitab dan minta Anak Anda untuk menjawab setiap soal tersebut. Selain itu, Anda bisa membuat TTS dengan bantuan generator online untuk mempermudah pembuatan TTS.

5. Pencarian Kata

Ini adalah kegiatan yang bagus untuk digunakan setelah pelajaran untuk membantu anak-anak mengingat apa yang mereka pelajari. Menggunakan kata kunci dan frasa, buat pencarian kata. Anda dapat memberi peserta daftar kata untuk dicari atau membuatnya sedikit lebih sulit dan biarkan mereka melihat apakah mereka dapat menemukan kata tanpa daftar.

Ide-ide ini hanyalah awal untuk membuat pelajaran Alkitab menjadi hidup bagi anak-anak. Menanamkan inspirasi dan pelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari adalah cara yang menyenangkan untuk menjaga keluarga tetap terhubung dan terus bertumbuh dalam iman.

Sumber : signupgenius.com
Halaman :
1

Ikuti Kami