Gempa Susulan di Tapanuli Utara Masih Berlanjut, Gereja HKBP Ini Alami Kerusakan Parah

News / 5 October 2022

Kalangan Sendiri

Gempa Susulan di Tapanuli Utara Masih Berlanjut, Gereja HKBP Ini Alami Kerusakan Parah

Lori Official Writer
382

BMKG mencatat sebanyak 105 kali gempa susulan mengguncang tanah Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Kondisi ini menyusul gempa bumi bermagnitudo 6 yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu.

Gempa ini diketahui berlokasi di koordinat 2.11° LU dan 98.83 BT pada kedalaman 10 kilometer. Lokasinya yang berada di darat membuat tingkat kerusakan bangunan terbilang parah. 

Seperti dilansir dari CNN Indonesia, gempa ini telah menyebabkan 1 orang meninggal dan 24 lainnya luka-luka. Sementara kerusakan bangunan meliputi 72 rumah ibadah, 30 titik ruas jalan, sembilan unit jembatan, 22 unit fasilitas pendidikan, tiga unit fasilitas kesehatan, 24 unit kantor pemerintahan, tiga unit kantor swasta, dan 35 titik saluran irigasi.

Gereja HKBP Lobusingkam di Desa Lobusingkam, Kecamatan Sipoholan, Tapanuli Utara (Taput), menjadi salah satu rumah ibadah yang rusak parah. Tampak tiang-tiang batu yang menopang kanopi bertumbangan. Bagian dalam ruangan seperti plafon gereja pun berjatuhan dan bekas-bekas bebatuannya berserakan di lantai.

Dalam kunjungannya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melihat langsung kerusakan gereja tersebut pada Senin (3/10). Dia pun berjanji untuk membantu pembangunan ulang gereja ini.

“Saya datang bersama Forkopimda, jadi ini akan segera kita bangun, dirobohkan dulu nanti kita bangun kembali. Sementara ibadah di luar dulu ya,” ucap Edy.

Selain itu, dia juga mendesak supaya bangunan rumah, rumah ibadah dan bangunan lain segera diperbaiki. 

Mari berdoa supaya korban bencana gempa di Tapanuli Utara segera mendapatkan bantuan. Begitu juga dengan gempa susulan supaya segera berhenti dan masyarakat tidak lagi diliputi ketakutan.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami