4 Tips Berdamai Dengan Trauma Pasca Tragedi Mengerikan

Health / 5 October 2022

Kalangan Sendiri

4 Tips Berdamai Dengan Trauma Pasca Tragedi Mengerikan

Lori Official Writer
421

Sebuah kejadian mengerikan seperti teror, kematian, kekerasan dan kecelakaan bisa menjadi trauma yang menghantui hidup seseorang. 

Apapun jenis trauma yang kita alami dan pengaruhnya di dalam hidup kita, kita perlu memutuskan untuk sembuh dari emosi ini. Tokoh-tokoh Alkitab juga mengalami serangkaian pengalaman yang tidak mengenakkan dalam hidup mereka, seperti ketika Paulus dicoba berkali-kali dalam pelayanannya, Daud yang dikejar-kejar dan ingin dibunuh oleh Saul hingga Yesus yang disesah di kayu salib. Semua kengerian itu mereka lalui namun tidak membuat mereka menjadi terpuruk.

Jika Anda sudah lelah dengan semua emosi dan ingatan traumatis di masa lalu Anda, cobalah untuk melakukan 4 tips ini.

1. Minta Bantuan Jika Memang Anda Membutuhkannya

Apakah trauma masa lalu yang Anda alami begitu membebani hidup Anda? Ini saatnya untuk mendapatkan bantuan. Pergi ke psikiater maupun konseling terpercaya. Jangan malu mengakui kondisi! Anda tidak sendiri dan Anda berhak untuk menjalani hidup dan bahagia. 

 

 

Baca Juga: Trauma Membuat Hidupmu Tertekan? Yuk Alami Pemulihan Dengan 4 Langkah Ini

 

2. Berdamai Dengan Diri Sendiri

Jangan menyangkal emosi Anda. Sebaliknya akui emosi tersebut. Mulailah melakukan percakapan dengan diri Anda, bila perlu tuliskan semua kemarahan dan luka yang Anda rasakan di dalam sebuah jurnal. Berdamailah dengan diri Anda sendiri dan juga peristiwa dan orang-orang yang menyebabkan trauma di dalam diri Anda.

 

3. Hadapi Emosi Anda Dengan Sesuatu yang Positif

Setiap orang memiliki cara berbeda untuk menyembuhkan emosi traumatisnya. Anda dapat menciptakan normal baru di dalam hidup Anda dengan mencoba melakukan sesuatu yang berbeda. 

Misalnya ketika ingatan akan peristiwa tak menyenangkan itu mulai muncul, cobalah untuk mulai menyibukkan diri dengan sesuatu yang positif. Misalnya, ikut gym, ikut komunitas dan melayani.

 

Baca Juga: 5 Cara Sembuhkan Rasa Trauma Pasca Sembuh Dari Penyakit Yang Mematikan!

 

4. Luangkan Waktu Sendiri

Menghabiskan masa-masa sendiri bisa jadi waktu terbaik untuk merenungkan kembali kondisi yang Anda sedang hadapi. Anda bisa mempertanyakan banyak hal yang Anda tak pahami kepada Tuhan. 

Mintalah Tuhan untuk memberikan Anda jawaban yang Anda cari. Tuhan peduli dengan kondisi Anda karena itu Dia pasti mau Anda keluar dari semua ingatan buruk tersebut.

Trauma tidak bisa menghancurkan kebahagiaan Anda. Ini waktunya untuk bangkit dan mengalami janji Tuhan dalam hidup Anda. “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8: 28)

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami