Suami Ketahuan Selingkuh, Apakah Pernikahan Masih Bisa Terselamatkan?
Sumber: Jawaban.com

Marriage / 27 June 2023

Kalangan Sendiri

Suami Ketahuan Selingkuh, Apakah Pernikahan Masih Bisa Terselamatkan?

Lori Official Writer
6062

sebaliknya para istri-istri yang tersakiti ini memegang teguh kebenaran firman yang diambil dari Markus 10: 9, “Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” 

 

Baca Juga: Aku Rela Bertanggung Jawab Atas Anak yang Dikandung Selingkuhan Suami – Ceni

 

Apa yang seharusnya dilakukan para istri untuk menyelamatkan pernikahannya dari perselingkuhan? Lalu bagaimana proses pemulihan yang dijalani para istri?

Lakukan beberapa langkah ini:

1. Berdoa

Carilah kehadiran Tuhan untuk mendapatkan ketenangan, pemulihan dan tuntunan. Berdoalah atas hati Anda yang hancur dan berdoalah untuk suami dan selingkuhannya. Doakan supaya Tuhan mengarahkan pikiran, perkataan, tindakan dan keputusan Anda di dalam menghadapi masa-masa menyakitkan itu.

 

2. Jujur 

Istri yang dikhianati suami pasti akan merasa begitu terluka. Wajar jika merasa marah dan terluka. Mengekspresikan emosi ini kepada Tuhan bisa menjadi langkah pertama menuju penyembuhan luka (Mazmur 77: 1-2). 

Dengan memvalidasi emosi dan kebutuhan Anda dihadapan Tuhan, akan memungkinkan Tuhan untuk memberikan kita kedamaian dan penghiburan. 

 

Baca Juga: Kisah Tarina, Rela Ampuni Suami Walau Sudah Punya Anak Hasil Selingkuhan

 

 

3. Miliki kerendahan hati untuk mengampuni

Firman Tuhan meminta kita untuk mengampuni orang lain sebagaimana Dia telah mengampuni kita (Efesus 4: 32). Kita harus rela dan siap untuk memberikan pengampunan kepada siapapun, termasuk pasangan yang berselingkuh dan sudah bertobat dan mengakui dosanya (Matius 6: 14-15; 18: 23-35; Efesus 4: 31-32; Kolose 3: 13).

Mengampuni seseorang yang sudah melukai dan menyakiti kita secara emosional memang tidak akan mudah. Tetapi menyimpan kepahitan di dalam diri kita juga merupakan dosa yang bisa menghalangi berkat Tuhan untuk bekerja dalam hidup kita.

Jadi, mintalah hati yang mau mengampuni dari Tuhan. Sehingga Anda dengan terbuka mau mengampuni suami Anda.

 

4. Mengampuni bukan berarti kompromi 

Tentu saja sulit mengampuni suami yang tidak mengakui perselingkuhannya dan belum bertobat. Tetapi bukan berarti tindakan pengampunan ini membuat Anda kompromi dengan perselingkuhannya. Sebaliknya, Anda sudah melakukan bagian Anda untuk mengampuni seperti yang diperintahkan Tuhan. Sementara pasangan Anda yang akan menerima konsekuensi dari perbuatannya.

Selama Anda menghadapi rasa sakit ini bersama Tuhan, Anda tidak akan pernah dibiarkan sendirian untuk menanggung kesakitan itu. Dia sendiri akan memberikan Anda kekuatan yang Anda butuhkan untuk menghadapinya (Filipi 4: 13).

Tuhan yang berdaulat atas pertobatan dan pemulihan. Tak peduli berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk sembuh dari rasa sakit itu dan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk memberikan pengampunan kepada pasangan. Jika Anda mau berjuang untuk menyelamatkan pernikahan Anda, tetaplah memilih untuk berjuang dan bukan menyerah di dalam perceraian.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami