Panen Lele Tahap Pertama, Penerima Manfaat Bibit Lele Di Desa Bawamataluwo Bersukacita

News / 28 September 2022

Kalangan Sendiri

Panen Lele Tahap Pertama, Penerima Manfaat Bibit Lele Di Desa Bawamataluwo Bersukacita

Aprita L Ekanaru Official Writer
175

Bulan Mei lalu, Tim Kemanusian CBN telah memberikan bantuan pada kelima keluarga di Desa Bawamataluwo, Nias. Bantuan yang kami berikan berupa 1.000 bibit lele dan perlengkapan untuk membudidayakannya. Tidak sampai di pemberian modal saja, para penerima manfaat juga akan didampingi oleh praktisi lokal untuk melatih mereka secara langsung.

Pelatihan yang didapatkan oleh para penerima manfaat meliputi, cara memasang terpal hingga membentuknya sampai menjadi sebuah kolam, cara mengatur PH air yang cocok untuk ikan lele, hingga semua bibit lele siap dimasukan ke dalam kolam untuk dibudidaya. Selain itu, mereka juga diperlengkapi pelatihan untuk membuat pembukuan seperti, membuat catatan panen, arus kas masuk, arus kas keluar. Tim kami mengajarkan membuat pembukuan sesederhana mungkin agar dapat mudah dimengerti dan konsisten dilakukan oleh para penerima manfaat dalam menjalankan usaha mereka.

Pada Selasa (14/06), fasilitator kami di Desa Bawamataluwo kembali mengunjungi kelima keluarga penerima manfaat. Kami sangat bersyukur melihat semangat para keluarga yang serius mengembangkan usahanya.

Setelah melewati berbagai tantangan, pada awal bulan Agustus telah tercatat tingkat kematian pada ikan lele kurang dari 10%. Puji Tuhan! Pada Jumat (26/08), ikan lele dapat dipanen secara bertahap. Fasilitator kami di Nias juga membantu para penerima manfaat untuk mempromosikan ikan lele mereka melalui komunitas lokal dan media sosial. Di tahap pertama panen ini, puji syukur ikan lele berhasil terjual sebanyak 15 kg. Para penerima manfaat sangat bersukacita dan bersyukur atas hasil yang boleh mereka terima.

Mari kita doakan, agar budidaya ikan lele dapat terus berjalan dengan baik dan menghasilkan panen yang lebih besar lagi di kemudian hari. Terima kasih untuk Mitra CBN yang telah mendukung program kemanusiaan ini dan menyelamatkan perekonomian keluarga yang membutuhkan di Desa Bawamataluwo. Tuhan memberkati!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami