Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 11 Fakta Kehidupan Yohanes

Fakta Alkitab / 2 September 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 11 Fakta Kehidupan Yohanes

Claudia Jessica Official Writer
551

Yohanes dalam bahasa Yunani disebut Ιωάννης (Ioannes) memiliki Tuhan adalah pemurah. Ia adalah putra Zebedeus dan ibunya bernama Salome. Yohanes adalah adik kandung dari Rasul Yakobus.

11 fakta bersejarah tentang Yohanes

1. Yohanes adalah anak-anak guruh

Sama seperti Yakobus, Yohanes disebut Boanerges atau anak-anak buruh yang berarti berwatak keras dan kasar. Kampung halaman Yohanes adalah Kapernaum, sebuah kota nelayan di Galilea.

2. Mantan murid Yohanes pembaptis

Sebelum menjadi murid Yesus bersama Yakobus, Yohanes adalah murid Yohanes Pembaptis sebelum dipilih menjadi murid Yesus.

3. Saksi hidup peristiwa penting

Yohanes adalah salah satu murid inti dari tiga murid yang menyaksikan peristiwa-peristiwa penting dalam pelayanan Yesus. Di antaranya adalah ketika Yesus membangkitkan anak Yairus dari kematian, diajak Yesus ke atas bukit dalam peristiwa transfigurasi (Matius 17:1). Yohanes terkenal sebagai murid yang setia kepada Yesus, namun bersama dengan Petrus dan Yakobus, Yohanes gagal berjaga-jaga dan melindungi Yesus di taman Getsemani pada saat genting dalam pelayanan Yesus hingga Yesus ditangkap.

4. Penulis 5 kitab Perjanjian Baru

Tradisi Kristen mengidentifikasikan Yohanes sebagai penulis dari lima kitab perjanjian baru yaitu Injil Yohanes, Kitab 1 Yohanes, Kitab 2 Yohanes, Kitab 3 Yohanes dan yang terakhir adalah Kitab Wahyu.

5. Murid yang dikasihi Yesus

Yohanes terkenal karena iman dan kesetiaannya kepada Yesus. Dia adalah satu-satunya dari 12 murid yang menyatakan dirinya sebagai murid yang dikasihi Yesus. Ini adalah wujud ekspresi iman yang tidak berlebihan dari Yohanes karena ia mengalami transformasi yang luar biasa sejak menjadi murid Yesus.

Dari seorang yang dijuluki “Putra Guntur” yang pemarah menjadi seorang rasul yang penuh cinta kasih karena mengalami kasih tanpa syarat dari Yesus secara langsung. Semua hal itu dituangkan dalam Injil dan surat-surat tulisannya di Perjanjian Baru.

6. Berani mengajukan pertanyaan penting

Yohanes berani mengajukan pertanyaan kepada Yesus tentang siapa yang akan menyerahkan Yesus saat perjamuan terakhir.

7. Mengikuti Yesus di malam penyaliban

Yohanes dan Petrus adalah 2 dari 12 rasul yang terus mengikuti Yesus dalam situasi genting sebelum Yesus disalib. Yohanes hadir di rumah imam besar selama pengadilan Yesus.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami