Ga Terasa Kalau Belum Parah, Waspadai Ciri-ciri Kolesterol Ini & Ketahui Cara Mengobatinya

Health / 25 August 2022

Kalangan Sendiri

Ga Terasa Kalau Belum Parah, Waspadai Ciri-ciri Kolesterol Ini & Ketahui Cara Mengobatinya

Claudia Jessica Official Writer
411

Banyak orang menganggap bahwa kolesterol adalah suatu penyakit yang biasa diidap oleh orang dewasa, tetapi faktanya banyak anak muda yang juga mengidap kolesterol tanpa mereka sadari.

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak dalam tubuh yang memiliki banyak peran, tetapi jika kadarnya melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menghambat peredaran darah. Inilah yang menyebabkan orang mengalami berbagai penyakit seperti stroke, serangan jantung, sakit di bagian tertentu, dan masih banyak lagi.

Kadar kolesterol yang melebihi batas normal dapat disebut sebagai kolesterol tinggi. Jika tidak ditangani dengan tepat, kolesterol dapat menyebabkan penyakit serius seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

 

Penyebab kolesterol

Penyebab kolesterol pun terbagi menjadi beberapa faktor. Misalnya seperti gaya hidup tidak sehat yang meliputi: merokok, jarang olahraga atau aktivitas fisik, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, mengalami stres, mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh seperti gorengan, susu full cream, kulit ayam, dan jeroan.

Selain gaya hidup, penyebab naiknya kadar kolesterol juga bisa diakibatkan oleh beberapa penyakit tertentu seperti obesitas atau kelebihan berat badan, diabetes, hipotiroidisme, HIV/AIDS, dan lain-lain.

Faktor keturunan juga berdampak pada kenaikan kadar kolesterol. Pasalnya, terjadi perubahan atau mutasi sejumlah gen yang diturunkan dari orang tua ke anak. Mutasi gen ini membuat tubuh tidak bisa membuang kolesterol dari dalam darah. Namun, kolesterol tinggi akibat keturunan ini terbilang jarang terjadi jika dibandingkan dengan dua faktor di atas.

 

BACA JUGA: Jangan Tunggu Tua! Ini Waktu yang Pas Buat Cek Kolesterol

 

Gejala kolesterol

Kolesterol tinggi pada umumnya tidak menimbulkan gejala. Banyak orang tidak menyadari kadar kolesterolnya tinggi sampai terserang komplikasi seperti stoke atau penyakit jantung. Untuk menghindari hal ini, lakukanlah tes darah secara berkala untuk mengetahui kadar kolesterol Anda.

Kendati demikian, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit lain yang lebih ringan. Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut yang bisa jadi indikasi kolesterol tinggi.

1. Pegal di area tengkuk dan pundak

2. Mudah mengantuk

3. Kesemutan

4. Nyeri dada

5. Nyeri di kaki

Pada dasarnya hal-hal di atas bisa terjadi karena kurangnya suplai oksigen dan darah ke daerah tersebut. Plak-plak di dalam pembuluh darah yang terjadi akibat penumpukan kolesterol bisa menghambat aliran oksigen dan darah.

 

 

BACA JUGA: [VIDEO] #Health: Gejala Kolesterol dan Cara Mencegahnya

 

Jika ingin menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, Anda bisa memulainya dengan hidup sehat seperti berolahraga teratur selama 30 menit setiap hari, menghindari makanan yang tinggi lemak, memperbanyak makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayuran, berhenti merokok dan konsumsi alckhol, membatasi makanan tinggi lemak seperti daging merah dan kue.

Untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, Anda bisa melakukan pemeriksaan kolesterol tiap 4-6 tahun sekali.

Meski ada alat untuk melakukan pemeriksaan kolesterol mandiri, kami menyarankan untuk memeriksa kadar kolesterol di laboratorium untuk dilakukan oleh ahlinya.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami