Orang Tua Kristen Boleh Gak Sih Memukul Anak?

Relationship / 15 August 2022

Kalangan Sendiri

Orang Tua Kristen Boleh Gak Sih Memukul Anak?

Lori Official Writer
551

Apakah memukul anak itu diperbolehkan dalam Alkitab?

Banyak orang tua Kristen yang mungkin mengacu kepada Amsal 13: 24 yang berkata, “Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya.”

Ayat ini banyak dijadikan sebagai pembenaran bahwa orang tua boleh memukul anak secara fisik sebagai bentuk disiplin. Tetapi tahukah Anda, kata ‘tongkat’ di dalam ayat ini tidak sama dengan ‘memukul’ anak secara fisik. Kata tongkat di ayat ini bisa mengacu kepada tanda otoritas. 

Tongkat berasal dari kata Yunani ‘rhabdos’ yang artinya tongkat kiasan untuk hukuman. Di ayat Amsal ini, tongkat diterjemahkan dalam bahasa Ibrani yaitu ‘mattah’ atau ‘shebet’. Mattah adalah tongkat yang menunjukkan kekuatan spiritual, seperti tongkat Musa (Keluaran 4: 2), tongkat Harun (Keluaran 7: 9), tongkat tukang sihir (Keluaran 7: 12) dan tongkat yang melambangkan otoritas (Bilangan 17: 7).

Tongkat atau otoritas yang dimiliki orang tua sebenarnya tidak diartikan sebagai bentuk pukulan fisik. Melainkan mengacu kepada peran orang tua untuk mengajar, membimbing, mengoreksi dan mengasihi anak-anak. 

Sama halnya seperti Tuhan yang menginginkan kita, anak-anak-Nya, untuk hidup menaati firman-Nya karena kasih dan bukan karena rasa takut. Begini juga seharusnya orang tua mendidik anak, sebisa mungkin menghindari pukulan atau kekerasan fisik. 

Tuhan sebagai gembala yang baik (Mazmur 23) mengenakan tongkat untuk membimbing domba-domba-Nya. Jika Dia menginginkan domba-domba mengikuti arahan-Nya, tentunya Dia tidak akan memukul domba-domba. Karena bukannya menurut, domba-domba itu akan lari dan menjauh. Seorang gembala menggunakan tongkat untuk memberikan koreksi kecil ketika menuntun domba-dombanya, memungkinkan dia untuk menjaga semua kawanan domba dari berbagai bahaya.

 

Baca Juga: Bisakah Orang Tua Kristen Mendisiplinkan Anak Melalui Pukulan? Simak Jawabannya!

 

Jadi, orang tua Kristen perlu memahami ini, bahwa tongkat di dalam Amsal 23: 13-14, adalah bimbingan kasih, bentuk koreksi dan pengajaran, bukan hukuman.

Jadi, apakah orang tua sama sekali tidak bisa memukul anak?

Memukul mungkin hanyalah alternatif paling akhir hanya jika kondisinya anak:

  • Sangat membahayakan 
  • Berperilaku di luar kewajaran, menentang dan tidak patuh
  • Serta sangat tidak sopan

Menjadi salah jika memukul anak karena:

  • Anak masih di bawah umur
  • Orang tua dalam kondisi emosional 
  • Kebiasaan kasar orang tua

 

Baca Juga: Pengakuan Seorang Ibu: "Aku Berhenti Memukul Anakku Karena Alasan Ini..."

 

Mendidik anak untuk menjadi anak yang taat memang butuh kerja keras dan melelahkan. Tetapi memukul anak karena marah sangatlah tidak pantas. Karena hal itu hanya akan menjadi bumerang di dalam hidup anak. Seperti disampaikan dalam Efesus 6: 4, “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.”

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami