6 Kesalahan Ini Seringkali Dilakukan Investor Pemula! Pastikan Kamu Gak Melakukannya Ya
Sumber: canva

Finance / 10 August 2022

Kalangan Sendiri

6 Kesalahan Ini Seringkali Dilakukan Investor Pemula! Pastikan Kamu Gak Melakukannya Ya

Claudia Jessica Official Writer
4723

4. Tidak melakukan analisis yang memadai

Sebelum menentukan dana dalam jumlah yang cukup besar pada satu instrumen, pastikan untuk melakukan perhitungan yang jelas dan memadai. OJK memaparkan, “Perlu untuk menganalisis dengan matang kemungkinan keuntungan yang diperoleh dalam suatu periode beserta risiko yang mungkin terjadi.”

5. Tidak Melakukan diversifikasi investasi

Jangan sampai menempatkan seluruh uang yang Anda miliki pada satu instrumen investasi tertentu. Bayangkan jika instrumen tersebut mengalami kerugian, maka Anda harus menanggung risiko yang besar.

6. Terlalu cepat mengambil keputusan

Investor pemula kerap kali melakukan kesalahan yang satu ini. Dengan semangat yang terlampau tinggi dan tidak memiliki pertimbangan yang matang memungkinkan investor salah mengambil keputusan.

Investor pemula tidak menyukai cutloss. Mereka tidak menyadari telah melakukan yang salah dalam membeli saham dan enggan melakukan cutloss. Karena tidak melakukan analisa yang mendalam sebelum membeli saham, investor pemula cenderung beranggapan harganya akan segera kembali normal dan mendapatkan keuntungan. Sayangnya mereka justru membawa kepada kerugian yang lebih besar.

BACA JUGA: Apakah Kamu Lagi Judi atau Investasi? Yuk Cari Tahu Bedanya di Sini…

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami