Konsumsi Makanan Kaya Kalium Ternyata Kunci Jantung Sehat. Ini Alasannya…

Health / 8 August 2022

Kalangan Sendiri

Konsumsi Makanan Kaya Kalium Ternyata Kunci Jantung Sehat. Ini Alasannya…

Lori Official Writer
455

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit kardiovaskuler (CVD) adalah penyebab kematian global yang paling banyak, dimana terdapat 17.9 jiwa yang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit ini.

Faktor penyebab utamanya adalah tekanan darah tinggi, kolesterol, rokok dan kebiasaan konsumsi natrium yang terlalu banyak di dalam makanan olahan.

Namun menurut studi dari European Heart Journal dari Belanda menemukan bahwa wanita bisa mengurangi risiko penyakit ini dengan mengganti makanan yang mengandung natrium menjadi makanan yang kaya kalium. 

 

Mengapa harus konsumsi makanan kaya kalium?

WHO merekomendasikan bahwa orang dewasa harus mengonsumsi 3510 miligram potassium adan tidak lebih dari 2000 mg sodium setiap harinya. Kebanyakan orang dewasa saat ini mengkonsumsi terlalu banyak sodium dan terlalu sedikit kalium dalam makanan mereka.

Untuk meningkatkan asupan kalium, seseorang harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium. Adapun pilihan makanan yang kaya kalium diantaranya:

  • Pisang
  • Ubi jalar
  • Buah-buahan kering seperti kismis, apricot dan plum
  • Kacang-kacangan 
  • Makanan laut dan 
  • Alpukat 

Makanan-makanan ini merupakan jenis makanan nabati yang memiliki kandungan kalium yang tinggi. 

 

Baca Juga: Dari Kanker Sampai Jantung, Ini 5 Penyakit Mematikan yang Banyak Renggut Nyawa

 

Kalium Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 19.5 tahun, separuh atau sekitar 55% dari responden yang ditindaklanjuti berujung di rumah sakit atau meninggal karena CVD.

Kondisi ini mendorong para peneliti untuk menemukan korelasi antara diet kalium dan penyakit kardiovaskuler terhadap responden sesuai dengan gaya hidup dan kebiasaan makannya.

Para peneliti menemukan bahwa, secara keseluruhan, responden yang memiliki asupan kalium yang tinggi mengalami risiko penyakit kardiovaskuler 13% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki kandungan kalium yang rendah.

 

Baca Juga: Terjadi Tiba-tiba, 3 Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan Saat Alami Serangan Jantung

 

“Hasilnya menunjukkkan bahwa potassium membantu menjaga kesehatan jantung, tetapi wanita lebih diuntungkan daripada pria. Hubungan antara kalium dan penyakit kardiovaskuler adalah tetap sama-sama memiliki kandungan garam, namun kalium memiliki cara lain untuk melindungi jantung selama meningkatkan ekskresi natrium,” ungkap penulis studi Prof Liffert Vogt dari Pusat Medis Universitas Amsterdam di Belanda.

Jadi para peneliti menyimpulkan bahwa satu-satunya cara untuk melindungi kesehatan jantung adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang kaya kalium, seperti yang disebutkan di atas.

Sumber : Medicalnewstoday.com
Halaman :
1

Ikuti Kami