Apakah Anda Sulit Memulai Percakapan Dengan Orang Lain? Coba 5 Tips Ini…

Kata Alkitab / 7 August 2022

Kalangan Sendiri

Apakah Anda Sulit Memulai Percakapan Dengan Orang Lain? Coba 5 Tips Ini…

Lori Official Writer
510

Memulai percakapan dengan orang baru bisa cukup sulit. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mencoba untuk membuka diri Anda lebih mendalam kepada orang lain. Dengan cara itu, Anda juga bisa menarik mereka untuk menceritakan bagian hidup yang mereka alami.

Memiliki keterbukaan untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain sangatlah penting di dalam kehidupan orang Kristen. Karena dengan itu, kita bisa membagikan kasih Tuhan kepada orang-orang yang kita temui dimanapun dan kapanpun. 

Sehingga penting untuk menguasai cara berkomunikasi yang baik. Bagaimana caranya? Yuk coba ajukan 5 pertanyaan ini sebagai pembuka percakapan.

Cerita: Apakah kamu punya cerita?

Ini adalah pertanyaan terbuka yang membuat orang yang kita ajak berbicara mau memulai percakapan. Kebanyakan orang suka membicarakan kisah mereka, apapun itu baik pencapaian, kegagalan, persoalan dan sebagainya. Karena kehadiran orang yang mau mendengarkan mereka akan membuat mereka merasa dipedulikan.

 

Baca Juga: 25 Ayat Alkitab Tentang Peran Komunitas Dalam Hidup Orang Kristen

 

Motivasi: Apa sih hal yang memotivasi Anda?  

Setiap orang memiliki dorongan karena sesuatu. Motivasi adalah salah satu hal yang membuat seseorang unik. Dengan menanyakan pertanyaan ini, Anda akan membuat orang yang Anda ajak berbicara untuk mengeksplorasi dirinya dan Anda akan semakin mengenali minat dan perspektif mereka tentang hidup.

 

Dorongan: Apa hal yang Anda bisa?

Begitu Anda mengetahui kisah dan motivasi mereka, Anda pastinya akan membuat mereka kembali berpikir tentang potensi yang mereka miliki atau mempertimbangkan sesuatu yang bisa mereka lakukan. 

Ini adalah kesempatan untuk membangun imanya. Orang-orang berkembang saat mereka tergerak atau terinspirasi oleh sesuatu. Namun banyak orang tidak memiliki cukup iman untuk percaya pada rencana yang sudah Tuhan tetapkan atas hidup mereka. Untuk itu, Anda bisa menjadi alat untuk menuntun mereka kepada panggilan hidup atau tujuan mereka.

 

Baca Juga:

Temukan Obat dalam Jalinan Komunitas

Kenapa Orang Kristen Lebih Bertumbuh Dalam Komunitas Rohani?

 

Bantuan: Bagaimana saya bisa membantu Anda?

Saat Anda mengajukan pertanyaan semacam ini, Anda menjadi seperti Yesus. Dia sering bertanya, “Apa yang kamu ingin Aku lakukan untukmu?” Yesus melayani orang-orang yang Ia temui, dan setiap percakapan yang Dia bangun sesuai dengan tujuan-Nya.

Anda mungkin dibawa oleh Tuhan untuk masuk ke dalam kehidupan seseorang hanya supaya Anda bisa memberi mereka bantuan untuk memenuhi tujuan Tuhan dalam hidup mereka.

 

Pengetahuan: Apakah Anda mengetahui sesuatu dan Anda ingin membagikannya dengan saya?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan paling inti. Anda bisa mengajukan pertanyaan ini kepada siapapun karena semua orang pasti memiliki sesuatu yang Anda tidak miliki. Dengan mengajukan pertanyaan ini, Anda bisa belajar dari orang-orang yang Anda temui. 

Anda tidak punya waktu untuk membuat kesalahan. Orang bijak mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain. 

Melalui pertanyaan-pertanyaan ini, Anda bisa membangun hidup seseorang atau bahkan juga membangun diri Anda sendiri. 

Apakah Anda masih sulit untuk membangun percakapan dengan orang lain? Mulailah dengan pertanyaan-pertanyaan ini!

Sumber : Pastors.com
Halaman :
1

Ikuti Kami