Nabung Lebih Banyak dengan Menghemat Biaya Transportasi, Bagaimana Caranya?

Finance / 6 August 2022

Kalangan Sendiri

Nabung Lebih Banyak dengan Menghemat Biaya Transportasi, Bagaimana Caranya?

Aprita L Ekanaru Official Writer
462

Selain biaya konsumsi, biaya transportasi juga merupakan pengeluaran rutin bulanan yang perlu Anda sisihkan. Baik menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi publik, biaya yang dikeluarkan untuk transportasi terkadang menguras kantong.

Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menekan biaya transportasi:

1. Gunakan jenis kendaraan yang tepat

Memilih jenis kendaraan yang tepat juga dapat mempengaruhi biaya transportasi yang Anda keluarkan. Misalnya jarak yang Anda tempuh sehari-hari berkisar 20-30 km, maka Anda bisa memilih kendaraan pribadi dengan bahan bakar irit dan biaya perawatannya murah.

2. Menggunakan transportasi publik

Jika Anda merupakan tipikal yang sering bepergian ke tempat-tempat umum setiap akhir pekan, transportasi publik dapat menjadi solusi bagi Anda. Biasanya disetiap kota atau daerah memiliki sarana transportasi publik yang berbeda.

Dengan menggunakan transportasi publik, Anda dapat menghemat biaya parkir, toll dan tidak perlu membeli bahan bakar. Lumayan menghemat budget Anda bukan?

3. Jalan kaki atau naik sepeda

Akhir-akhir ini banyak yang mulai kembali menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sekaligus berolahraga. Jika jarak tujuan Anda tidak terlalu jauh, bersepeda dapat menjadi sebuah alternatif. Hal ini sangat menarik, karena budget Anda untuk membeli bahan bakar otomatis akan berkurang.

Jika Anda tidak memiliki sepeda, berjalan kaki juga dapat dilakukan. Berjalan kaki 10.000 langkah baik untuk kesehatan dan bonusnya dapat mengurangi berat badan lho! Jadi lebih sehat sekaligus menghemat budget, kenapa tidak?

4. Carpoll

Carpoll atau berbagi kendaraan sangat mungkin untuk dilakukan untuk memangkas biaya transportasi bulanan Anda. Misalnya, saat Anda dan teman diundang ke sebuah acara, daripada berangkat terpisah dengan kendaraan atau transportasi umum masing-masing, lebih baik pergi bersama.

Contoh lain, Anda dan tetangga menyekolahkan anak di sekolah yang sama, Anda dapat saling bergantian mengantar agar hemat bahan bakar kendaraan dan biaya parkir. 

Nah, jika Anda telah bijaksana memilih dalam memilih transportasi yang digunakan, maka Anda dapat menghemat pengeluaran bulanan Anda dan bisa menabung lebih banyak setiap bulannya. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami