Protokol CHSE Dianggap Ampuh Tangkal Wabah Cacar Monyet Saat Liburan, Apa Itu?

Health / 3 August 2022

Kalangan Sendiri

Protokol CHSE Dianggap Ampuh Tangkal Wabah Cacar Monyet Saat Liburan, Apa Itu?

Lori Official Writer
304

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meyakini jika protokol CHSE bisa menjadi salah satu solusi untuk menangkal wabah cacar monyet atau monkeypox saat liburan.

Terlebih saat industri pariwisata saat ini mulai merangkak naik pasca pandemi, dia menilai penting bagi para pelaku wisata tetap menjaga kesehatan dari berbagai wabah yang sedang muncul, khususnya wabah cacar monyet.

Lalu apa itu CHSE?

CHSE sendiri merupakan singkatan dari cleanliness, health, safety and environmental sustainability. Atau Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan. 

 

Baca Juga: Jadi Status Darurat Kesehatan Global, Ini 10 Fakta Tentang Cacar Monyet

 

CHSE menjadi standar operasional bagi para pelaku di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini diterapkan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.  

Adapun CHSE ini akan diterapkan kepada seluruh layanan wisata maupun pelaku ekonomi kreatif, diantaranya perhotelan dan balai pertemuan besar, pedagang cendramata, lingkungan wisata dan seluruh destinasi.

Kemenparekraf nantinya akan memberikan sertifikat bagi setiap pelaku pariwisata yang sudah memenuhi standar CHSE yang terdiri dari Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan  dan Kelestarian Lingkungan. Sertifikat ini akan menjadi bukti bahwa pelaku usaha sudah memiliki, menerapkan dan memenuhi protokol kesehatan di bidang pelayanan masing-masing. Dengan kepemilikan sertifikat inilah wisatawan bisa memilih destinasi yang aman untuk liburan.

 

Baca Juga: Lagi Mewabah di Singapura, Begini Cara Penularan dan Pencegahan Monkeypox Pada Manusia

 

Sertifikat ini akan berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang setelah melalui penilaian kembali oleh Kemenparekraf. Karena itu para pelaku di bidang pariwisata perlu memenuhi tiga hal ini yaitu tata kelola layanan atau usaha, kesiapan karyawan serta partisipasi pengunjung.

Melalui program CHSE, masyarakat juga menjadi semakin diberikan rasa aman dari beragam wabah penyakit yang saat ini terus muncul. Dengan adanya jaminan keamanan dan keselamatan selama liburan, masyarakat yang hendak liburan pun tak lagi kuatir untuk berlibur. Hal ini tentunya akan memberikan dampak positif terhadap meningkatkan industri pariwisata. 

Dengan upaya ini, kemunculan wabah Covid-19 hingga cacar monyet diharapkan tak lagi menjadi penghalang bagi masyarakat untuk tetap merasa aman saat berlibur.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami