Masuk Indonesia, Kasus Pertama Omicron BA.2.75 Ditemukan di Dua Kota Ini

Health / 18 July 2022

Kalangan Sendiri

Masuk Indonesia, Kasus Pertama Omicron BA.2.75 Ditemukan di Dua Kota Ini

Lori Official Writer
460

Omicron BA.2.75, yang merupakan varian terbaru Covid-19 sudah masuk ke Indonesia. Kasus pertama ditemukan sejak Minggu, 17 Juli 2022 kemarin.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan laporan penemuan tiga kasus omicron BA.2.75. Diantaranya satu kasus di Bali dan dua kasus di Jakarta. 

“Ada tiga subvarian BA.2.75,” ungkap Juru Bicara Kemenkes RI, Mohammad Syahril.

Dia membeberkan temuan kasus di Bali sendiri berasal dari seorang Warga Negara Asing (WNA) yang baru tiba. Sedangkan dua lainnya berasal dari transmisi lokal.

Dari tiga kasus ini, Syahril mengungkapkan gejala yang dialami oleh pasien Omicron BA.2.75 ini ditandai dengan batuk, demam, pilek, nyeri tenggorokan, sakit kepala, sesak napas, pusing, mual dan muntah dan anosmia.

 

Asal Virus Omicron BA.2.75 

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan jika subvarian Omicron BA.2.75 pertama kali muncul di India. 

“Mulanya di Indonesia dan masuk ke 15 negara, kini sudah masuk ke Indonesia. Satu ada di Bali karena kedatangan luar negeri, dan dua ada di Jakarta,” ungkap Budi Gunadi.

Sebelumnya, kasus varian Omicron BA.4 dan BA.5 sempat meningkat di Indonesia. Namun gejalanya terbilang sama dengan gejala yang dialami penderita subvarian Omicron BA.2.75.

Penemuan varian baru ini mengingatkan kita bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Karena itu, yuk tetap lakukan protokol kesehatan mulai dari pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami