Musim Hujan Datang, Waspada 6 Penyakit Ini Sering Menyerang

Health / 10 July 2022

Kalangan Sendiri

Musim Hujan Datang, Waspada 6 Penyakit Ini Sering Menyerang

Aprita L Ekanaru Official Writer
1039

Menjelang musim hujan, curah hujan sudah mulai meningkat di berbagai daerah. Musim hujan seringkali diikuti dengan berbagai penyakit. Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan diri agar tidak terjangkit penyakit di musim hujan.

Mengapa banyak penyakit yang timbul di musim hujan? Karena berbagai jenis mikroba serta virus lebih mudah berkembang biak saat musim hujan. Berbagai penyakit ini pada umumnya ditularkan melalui empat medium, yaitu air, udara, nyamuk dan makanan yang tercemar. Apalagi jika daya tubuh Anda sedang menurun, hal ini akan membuat Anda rentan diserang oleh penyakit musiman ini.

Mari kenali penyakit yang pada umumnya terjadi saat musim hujan, supaya Anda bisa lebih waspada saat musim hujan datang.

 

1. Influenza atau flu

Flu adalah penyakit yang akan paling sering terjadi saat musim hujan datang. Hal ini disebabkan karena virus influenza tipe A, B, atau C.  Virus influenza bisa menyebar melalui batuk, bersin, atau dari menyentuh benda yang sudah terkontaminasi. Meski flu bersifat umum dan bisa sembuh dengan sendirinya, Anda harus tetap mewaspadai penyakit ini. Pasalnya, beberapa orang dapat menderita komplikasi dari penyakit influenza seperti pneumonia.

 

2. Diare

Diare adalah penyakit yang ditandai dengan encernya feses yang dikeluarkan dan frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya. Bakteri penyebab diare yang paling umum contohnya rotavirus, shigella, E. coli, cryptosporidium, dan lain sebagainya. Penyakit ini dapat berkisar dari kondisi yang ringan dan sementara, hingga membahayakan nyawa.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

3. Demam tifoid (tipes)

Demam tifoid, atau lebih dikenal dengan penyakit tipes adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Bakteri tersebut menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Jika tidak segera ditangani, pengidapnya dapat mengalami komplikasi seperti pneumonia, pleuritis, miokarditis (peradangan otot jantung), gagal jantung akut, bahkan kematian.

 

4. Demam berdarah dengue

DBD atau demam berdarah dengue adalah salah satu jenis penyakit menular musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Demam berdarah disebut sebagai penyakit “break-bone” karena terkadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang serasa retak.

Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), bahkan kematian.

 

5. Malaria

Malaria adalah penyakit berbahaya akibat infeksi parasit plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk anopheles. Penularan penyakit ini biasanya meningkat pada saat musim hujan dan berlanjut setelahnya.

Sumber : hellosehat
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami