Apa itu Ortorite Dan Ortovita? Ternyata Ini Penting untuk Kehidupan Rohani Kita

Spirituality / 4 July 2022

Kalangan Sendiri

Apa itu Ortorite Dan Ortovita? Ternyata Ini Penting untuk Kehidupan Rohani Kita

Contasia Christie Official Writer
755

Baca : Matius 12:9-15a

Dari bacaan Alkitab yang baru saja kita baca akhirnya menemukan istilah “Ortorite” dan “ortovita”. Apakah artinya? Ortorite adalah ritus atau ritual yang benar. Ortovita adalah keseharian hidup yang benar. Ortorite dan ortovita idealnya berjalan berdampingan tetapi faktanya lebih banyak menjadi versus ketika orang memiliki Ortorite tetapi tak mampu dan tak mau menunjukkan ortovita.

Orang Farisi zaman Yesus tidak memiliki keseimbangan Ortorite dan ortovita. Ortorite mereka begitu sempurna tetapi ortovita mereka dicela Yesus.

Kita bisa melihat sebuah contoh yang ditunjukkan orang-orang Farisi dalam bacaan tadi, ketika melihat Yesus menyembuhkan orang yang sebelah tangannya lumpuh pada hari Sabat. Para orang Farisi itu pun kemudian memanfaatkan hal itu untuk mencari-cari kesalahan Yesus. 

Baca juga : Menyelami Pikiran Tuhan

 

"Boleh atau tidak orang ini disembuhkan? Ini hari Sabat lho...hari dimana kita tidak boleh melakukan pekerjaan apapun, sesuai kata hukum Taurat," kira-kira seperti itulah yang mereka katakan. 

Lalu apa jawab Yesus? "Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya?" (ay 11). 

Lalu Yesus melanjutkan: "Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat." (ay 12). Dan Yesus pun menyembuhkan orang itu.

Ada banyak orang yang sedang menderita bermacam-macam masalah, dan mereka butuh jamahan Tuhan. Hal seperti itu tidak mengenal waktu. Sama seperti kita bisa mengalami sakit kapan saja, bahkan di jam-jam dimana orang mungkin sedang beristirahat, atau ketika di hari libur ternyata kita tiba-tiba membutuhkan dokter. Masalah bisa datang tanpa mengenal waktu.

Baca selanjutnya ---------->

 

Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami