Ternyata Roh Kudus Sudah Ada Sejak Penciptaan Dunia Lho!

Fakta Alkitab / 27 June 2022

Kalangan Sendiri

Ternyata Roh Kudus Sudah Ada Sejak Penciptaan Dunia Lho!

Lori Official Writer
1336

Tahukah Anda bahwa kehadiran Roh Kudus sebagai pribadi kedua dalam konsep trinitas sudah muncul sejak jaman Perjanjian Lama lho! Dalam proses awal penciptaan alam semesta, Roh Kudus sudah terlibat di dalamnya.

“Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.” (Kejadian 1:2)

Saat proses penciptaan manusia, Roh Kudus juga terlibat. Seperti dituliskan dalam Kejadian 1:26, “Berfirmanlah Allah: ”Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Kata ganti kita dalam ayat tersebut menunjukkan bahwa tidak hanya Allah yang berada di posisi menciptakan manusia. Ada pribadi selain Allah dalam peristiwa itu dan salah satunya adalah Roh Kudus.

 

Baca Juga: 17 Peran Penting Roh Kudus Dalam Hidup Orang Percaya

 

Roh Kudus di Perjanjian Lama

Para pemimpin dan tokoh dalam Perjanjian Lama juga berhubungan dengan Roh Kudus dalam kehidupan mereka. 

Yosua sebagai penerus kepemimpinan Musa adalah orang yang penuh dengan Roh Kudus. Hal ini juga yang membuat Tuhan abdi Musa ini melanjutkan tugas Musa membawa bangsa Israel menuju Tanah Perjanjian.

“Lalu TUHAN berfirman kepada Musa: "Ambillah Yosua bin Nun, seorang yang penuh roh, letakkanlah tanganmu atasnya..” (Bilangan 27:18)

Roh Kudus berdiam dalam Daud ketika ia ditentukan oleh Tuhan sebagai Raja Israel. Ketika Nabi Samuel mengurapi Daud, maka Roh Kudus turun kepada Daud.

“Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama.” (1 Samuel 16:13) 

 

Tokoh Alkitab yang Kehilangan Roh Kudus

Tapi sejumlah Ahli Tafsir Alkitab menemukan bahwa dalam Perjanjian Lama, keberadaan Roh Kudus dalam Perjanjian Lama tidak tinggal permanen pada seseorang. Ketika Raja Saul sikap dan tindakannya tidak lagi seturut dengan kehendak Tuhan, maka Roh Kudus beranjak pergi darinya (1 Samuel 16:14)

Salah satu Hakim Israel bernama Simson juga pernah kehilangan pengurapan Roh Kudus. Padahal sebelumnnya, karena Roh Kudus yang berdiam dalam dirinya, Simson bisa membunuh singa dengan tangan kosong. Dia juga pernah melepaskan diri dari ikatan tali yang kuat dan membunuh orang-orang Filistin yang mengeroyoknya. 

 

Baca Juga: Apa Peran Roh Kudus dalam Kehidupan Orang Kristen?

 

Tapi ketika ia jatuh oleh bujuk rayu perempuan Filistin bernama Delila membuat Simson ditinggalkan Roh Kudus dan ia tak berdaya di hadapan bangsa Filistin. Meskipun sesudah itu, pertobatannya membuat Simson balik menghancurkan bangsa Filistin. Meskipun ia harus kehilangan nyawa karena tindakan itu.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami