Sumatera Utara Borong Piala Pesparawi Nasional XIII, Pesparawi Nasional XIV Digelar di...

News / 27 June 2022

Kalangan Sendiri

Sumatera Utara Borong Piala Pesparawi Nasional XIII, Pesparawi Nasional XIV Digelar di...

Claudia Jessica Official Writer
1028

Perhelatan akbar Pesta Paduan Suara Gerejawi atau Pesparawi Nasional XIII telah berakhir pada Minggu petang, 26 Juni 2022. Acara yang digelar selama satu minggu penuh di Jogja Expo Center (JEC) ini diikuti oleh 8.144 peserta dari 34 provinsi.

Tahun ini, kontingen dari Sumatera Utara menjadi juara umum Pesparawi Nasional XIII dengan memperoleh 12 medali emas serta Piala Bergilir Presiden RI.

Adapun 12 kategori yang diadakan dalam lomba Pesparawi Nasional XIII yaitu Solo Anak (7-9 tahun), Solo Anak (10-13 tahun), Paduan Suara Anak (7-13 tahun), Solo Remaja Putri, Solo Remaja Putra, Vocal Group Remaja, Paduan Suara Remaja, Paduan Suara Dewasa Wanita, Paduan Suara Dewasa Pria, Paduan Suara Dewasa Campuran, Musik Pop Gerejawi (MPG), dan Musik Gerejawi Nusantara (MGN).

 

BACA JUGA: Jadi Simbol Kerukunan, Pesparawi 2022 Libatkan Berbagai Pemeluk Agama

 

Menurut Paku Alam X, Wakil Gubernur DI Yogyakarta sekaligus Ketua Umum Pesparawi Nasional XIII, jika dipandang melalui kacamata pluralisme, Pesparawi Nasional XIII menjadi pesta lintas agama dan bukti dari indahnya toleransi karena acara ini melibatkan masyarakat dari berbagai suku, budaya, dan agama.

“Jika dipandang melalui kacamata pluralisme, Pesparawi telah menjadi layaknya pesta lintas agama, sebuah bukti nyata betapa indahnya toleransi. Saya menyampaikan selamat kepada juara umum Pesparawi Nasional kali ini,” ucap Paku Alam sebagaimana dikutip dari liputan6.com.

Selaku Ketua Umum Pesparawi Nasional XIII, Paku Alam X memberikan apresiasi kepada seluruh orang yang terlibat dalam rangkaian perhelatan Pesparawi Nasional XIII dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Atas nama seluruh panitia baik pusat maupun daerah dengan tulus kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama semua pihak,” ucapnya.

 

BACA JUGA: Ternyata, Lagu Kontingen Papua di Pesparawi Nasional ini Ada Kaitan dengan Masuknya Injil!

 

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama, Pontus Sitorus menjelaskan bahwa Pesparawi Nasional XIII yang diselenggarakan dalam masa pandemi ini memanfaatkan teknologi sebuah aplikasi Pesparawi Nasional XIII yang tersedia dalam sistem operasi Android, dan iOs. Selama penyelenggaraan, aplikasi yang berisi informasi tentang peserta, lokasi dan jadwal pertandingan serta fitur live streaming ini telah diunduh lebih dari 10.000 pengguna.

Tepat sehari sebelum penutupan Pesparawi Nasional XIII, tiga tahun lagi, acara Pesparawi Nasional XIV akan berlangsung di Papua Barat pada tahun 2025. Penetapan ini dilakukan melalui voting tertutup, dan Papua Barat mendapat 21 dari 38 suara.

 

 

BACA JUGA: Presiden Jokowi: Pesparawi Diharap Membawa Kabar Persatuan Indonesia

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami