Apakah Tuhan Bisa Merubah Rencana yang Sudah Dia Tetapkan?

Kata Alkitab / 25 June 2022

Kalangan Sendiri

Apakah Tuhan Bisa Merubah Rencana yang Sudah Dia Tetapkan?

Lori Official Writer
1047

Kitab Yunus menuliskan tentang bagaimana Tuhan rupanya juga bisa membalikkan rencana-Nya. Yunus 3: 8-10 menyampaikan adanya hukum sebab akibat yang dilakukan manusia dan juga Tuhan.

“Haruslah semuanya, manusia dan ternak, berselubung kain kabung dan berseru dengan keras kepada Allah serta haruslah masing-masing berbalik dari tingkah lakunya yang jahat dan dari kekerasan yang dilakukannya. Siapa tahu, mungkin Allah akan berbalik dan menyesal serta berpaling dari murka-Nya yang bernyala-nyala itu, sehingga kita tidak binasa.” (Yunus 3: 8-10)

Kata ‘berbalik’ merupakan makna dari kata ‘bertobat’. Dalam kisah Yunus, Tuhan melakukan sesuatu yang sangat berbeda. Dia melihat bahwa orang-orang Niniwe ‘berbalik dari jalan-jalan mereka yang jahat’, sehingga Dia meluputkan bencana yang hendak Dia timpakan ke atas kota itu.

Jika kita membaca kisah ini, kita bisa menemukan bahwa bukan hanya orang-orang Niniwe saja yang bertobat tetapi Yunus juga bertobat ketika dia berada di dalam perut ikan. 

Lalu kenapa Tuhan berbalik dari rencana-Nya? Apakah itu artinya Tuhan berubah pikiran? 

 

Tuhan Itu Pengasih

Tuhan tidak berubah pikiran ketika orang-orang Niniwe bertobat. Dari sudut pandang manusia, kita bisa berbicara dengan cara ini. Tuhan mengarahkan Yunus kembali kepada tujuan-Nya. Tuhan mengatur segalanya. Karena Dia yang jauh lebih mengetahui dan Dia melakukannya sesuai dengan cara yang dipilihNya.

Melalui perjalanan Yunus yang begitu menantang, kita perlu melihat bahwa Tuhan sudah mengatur segala sesuatunya. Pertobatan orang-orang Niniwe adalah keinginan dan rencana-Nya sejak awal. 

 

Baca Juga: Musim Dingin Ibarat Musim Persiapan, Ini 3 Hal yang Tuhan Mau Anda Persiapkan!

 

Perjalanan Yunus yang tertunda selama 40 hari justru menyiratkan bahwa pertobatan dan belas kasihan Tuhan itu nyata. Firman Tuhan bekerja sesuai dengan tugasnya. 

Tuhan meresponi pertobatan manusia karena Dia adalah maha pengasih dan itu adalah rencana yang Dia buat sejak awal.

 

Tuhan Itu Tidak Berubah

Mungkin ada banyak orang Kristen yang dibingungkan dengan beberapa ayat yang menyebutkan bahwa ‘Tuhan menyesal’. Tapi apakah Tuhan benar-benat menyesal? 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami