Ingin Anak Punya Kebiasaan Spiritual yang Baik? Yuk Praktikkan Ini

Relationship / 22 June 2022

Kalangan Sendiri

Ingin Anak Punya Kebiasaan Spiritual yang Baik? Yuk Praktikkan Ini

Contasia Christie Official Writer
1145

Libur telah tiba! Waktunya anak-anak berjalan-jalan bersama atau melakukan aktivitas bebas bersama keluarganya. Daripada bingung mau melakukan apa, mending kita lakuan kegiatan yang seru sekaligus mendidik anak dalam hal karakter dan spiritualitasnya.

Jawaban punya tiga kegiatan yang bisa jadi referensi Parents untuk lakukan bersama anak di rumah. Dengan kegiatan ini, anak bisa belajar untuk bersyukur dan mengenal karya Tuhan dalam hidupnya. Penasaran apa saja kegiatannya? Baca di bawah ini ya.

 

1. Games berburu

Seperti berburu, anak bisa mencari hal kecil dalam hidupnya saat itu untuk mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan padanya, keluarga, atau orang terdekatnya. Selama games ini, anak bisa bergiliran bersama Anda, mencari hal kecil yang berdampak dalam hidupnya. Misalnya bisa bangun pagi dengan sehat, Tuhan menyediakan makanan kesukaannya lewat mama, dan lainnya.

 

2. Berjalan-jalan sambil bersyukur

Saya pernah mendapati beberapa orang yang tergerak hatinya untuk mendoakan kota tempatnya tinggal. Selama seharian, ia berkeliling sambil mendoakan apa yang ia lihat di kota itu dan apa yang Tuhan tanamkan dalam hatinya. Nah sama seperti ini, Anda bisa mengajak anak untuk berjalan-jalan sambil melihat sekitar mereka. Bisa dengan berjalan kaki, bersepeda, berlari, dan lainnya. Caranya mudah, Anda bisa memberikan contoh saat berjalan dan melihat pasar yang begitu ramai. Anda bisa mengajak anak untuk bersyukur bahwa perekonomian di daerahnya berjalan lancar. Atau yang lebih mudah lagi, anak bersyukur karena bisa membeli bahan makanan kesukaannya di tempat itu.

Baca juga : Ayat Alkitab tentang Tanggung Jawab Orang Tua yang Perlu Kamu Ketahui

 

3. Membuat jurnal atau gambar doa

Ini adalah praktik yang cocok untuk dilakukan oleh anak yang lebih besar. Cukup 10 menit saja setiap harinya. Parents bisa mulai dengan memutar lagu penyembahan sambil mengajak anak untuk menulis atau menggambar apapun yang Tuhan tanamkan dalam pikiran dan hati mereka. Cara ini bisa melatih anak untuk mendengar suara Tuhan dan mengerti kehendak-Nya. Di akhir kegiatan, undang seluruh anggota keluarga dan ajak anak utuk menceritakan tentang tulisan atau gambar yang ia buat, tapi ini tidak wajib ya.

Nah jika anak sudah terbiasa melakukan kegiatan ini saat liburan, maka kehidupan spiritual mereka makin terasah dan semakin mengenal Tuhan lebih baik. Yuk ajak anak untuk melakukan hal yang berdampak bagi hidupnya dan sekitarnya! Tuhan Yesus memberkati.

 

Sumber : dari berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami