Manfaat Pilates Untuk Kesehatan Tubuh Hingga Psikis

Health / 21 June 2022

Kalangan Sendiri

Manfaat Pilates Untuk Kesehatan Tubuh Hingga Psikis

Aprita L Ekanaru Official Writer
370

Pilates merupakan sebuah metode olahraga untuk melatih fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh. Namun ternyata, pilates bukan sekedar metode olahraga biasa. Prinsip pilates adalah menyatukan pemahaman antara jiwa dan raga sehingga terkoneksi untuk membantu menyegarkan tubuh dan dapat juga mengelola emosi di dalam diri.

 

BACA JUGA: Pilates, Rahasia Artis-Artis Hollywood Ini Berperut Ramping

 

Pilates dapat dilakukan dengan atau tanpa peralatan. Gerakannya cenderung lambat, menuntut presisi dalam gerak, serta kontrol napas. Latihan Pilates biasanya memakan waktu 45 menit hingga 1 jam.

Meskipun praktis dan mudah dilakukan dimana saja, ternyata pilates menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan psikis. Terbukti secara ilmiah, berikut manfaat jika Anda melakukan pilates:

1. Memperkuat otot inti tubuh

Menurut hasil penelitian dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness tahun 2016, melakukan Pilates 2-3 kali dalam seminggu dapat memperkuat daya tahan otot abdominal yang merupakan bagian dari otot inti. Peran otot inti bagi tubuh sangatlah penting, khususnya untuk kebugaran dan fleksibilitas.

 

2. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Menurut sebuah artikel dalam Harvard Health Publishing, selain mampu menurunkan berat badan dan membentuk otot, fleksibilitas juga berperan dalam meminimalkan cedera, sakit punggung, dan masalah keseimbangan tubuh.

Sebuah tinjauan 16 studi dalam jurnal Archives of Physical Medicine and Rehabilitation tahun 2011 juga membuktikan bahwa Pilates efektif dalam meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan dinamis, dan daya tahan otot.

 

3. Membantu mengelola stres dan kinerja otak

Berdasarkan sebuah riset dalam Journal of Dance & Somatic Practices tahun 2013, ditemukan bahwa Pilates sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran otak, kesadaran sensorik, memperbaiki suasana hati, relaksasi, dan membantu mengelola stres.

Jika Anda sedang merasa stres, pilates bisa jadi alternatif olahraga yang tepat.

 

5. Memperbaiki postur tubuh

Menurut sebuah studi dalam Journal of Physical Therapy Science tahun 2016, orang-orang yang berlatih Pilates sering kali memiliki postur tubuh yang prima. Pilates juga berguna untuk mengatasi nyeri punggung. 

 

BACA JUGA: Pilates, Rahasia Orang Korea Bertubuh Ramping dan Sehat

 

6. Meningkatkan energi

Dilansir Verywell Fit, lebih sering kamu latihan, maka lebih banyak energi yang Anda miliki. Semakin banyak energi yang Anda miliki, maka Anda akan lebih ingin rutin berolahraga.

Pilates dapat melatih napas dan sirkulasi tetap bergerak, menstimulasi tulang punggung dan ototnya, serta membanjiri tubuh dengan perasaan positif yang didapat dari latihan yang melatih seluruh tubuh.

Sumber : Indtimes
Halaman :
1

Ikuti Kami