Tahukah Anda 6 Fungsi Gereja? Pelajari di Sini Yuk…
Sumber: freedomkw.com

Kata Alkitab / 17 June 2022

Kalangan Sendiri

Tahukah Anda 6 Fungsi Gereja? Pelajari di Sini Yuk…

Lori Official Writer
2718

Orang yang sudah belajar (murid) harus menjadi guru (pembuat murid), untuk menyampaikan kebenaran kepada orang lain. Pengajaran sering dilakukan oleh pendeta. Tetapi Paulus memerintahkan setiap orang Kristen untuk mengajar. Kelompok-kelompok kecil menyediakan satu cara untuk melakukannya. Orang Kristen yang dewasa dapat mengajar baik dalam perkataan maupun dalam teladan. Mereka diberi potensi untuk menjelaskan setiap bagian firman Tuhan supaya yang diajar paham dan menerimanya.

“Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya! Juga kalau orang tidur berdua, mereka menjadi panas, tetapi bagaimana seorang saja dapat menjadi panas? Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.” (Pengkhotbah 4: 9-12)

Gereja memiliki pemimpin yang memiliki peran untuk mempersiapkan orang percaya lainnya untuk menjalankan panggilannya. Dengan pengajaran dari pemimpin, orang percaya bisa mengalami pertumbuhan, kedewasaan dan kesatuan. Karena itulah gereja perlu memiliki visi untuk memuridkan orang percaya.

 

4. Komunitas 

Gereja kadang kala disebut dengan komunitas. Kita semua perlu memberi dan menerima kasih dan di dalam komunitas gereja kita bisa membangunnya di dalam jalinan kasih Tuhan. 

Persahabatan berarti lebih dari sekadar berbicara satu sama lain tentang belajar, berolahraga atau traveling. Kebanyakan orang memakai topeng untuk menyembunyikan kebutuhan mereka dari orang lain. JIka kita benar-benar ingin saling membantu, kita harus cukup dekat satu sama lain. Artinya kita harus melepas topeng kita sendiri dan terbuka secara jujur kepada orang-orang yang menaruh kepercayaannya kepada kita di dalam komunitas.

 

5. Wadah Pelayanan

Gereja harus menjadi tempat dimana orang-orang percaya bisa memberi diri untuk melayani orang-orang yang membutuhkan. Yesus sendiri telah melakukan hal ini ketika Dia berkeliling dan menjangkau orang-orang miskin, sakit dan terbuang. Yesus melakukannya karena itulah fungsi orang percaya.

Pelayanan harus dilakukan baik di dalam maupun di luar gereja. Kita bisa memberi penghiburan kepada orang yang putus asa, menguatkan orang yang sedang sakit, membantu para janda dan anak yatim dan sebagainya. Gereja saat ini harus hadir sebagai saluran kasih dan menjadi jawaban bagi kebutuhan orang lain.

 

6. Media Penginjilan 

“Pergilah ke seluruh ujung dunia dan beritakanlah injil.” Inilah perintah Yesus kepada gereja-Nya. Penginjilan membutuhkan wadah pribadi. Saat Tuhan ingin menyampaikan pesan-Nya kepada manusia, Dia memakai manusia untuk melakukannya. Dia mengutus Putra-Nya sendiri untuk menyampaikannya. Hari ini Dia mengutus anak-anak-Nya, tubuh Kristus yaitu gereja untuk menyampaikan pesan yang sama kepada semua orang.

Jadi, gereja harus memiliki semangat penginjilan. Gereja harus melakukan misi penginjilan dan mengutus orang-orang yang terpanggil sesuai dengan rencana Tuhan. 

Tuhan memiliki gambaran besar atas gereja. Gereja menjadi pusat penatalayanan-Nya dan apapun yang dilakukan gereja sudah seharusnya dilakukan untuk memuliakan Tuhan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami