Apa Itu Sindrom Ramsay Hunt? Samakah Dengan Bell’s Palsy?
Sumber: google

Health / 15 June 2022

Kalangan Sendiri

Apa Itu Sindrom Ramsay Hunt? Samakah Dengan Bell’s Palsy?

Lori Official Writer
3045

Sindrom Ramsay Hunt menjadi perbincangan setelah penyanyi Justin Bieber mengumumkan kondisinya yang sedang mengalami lumpuh separuh wajah. 

Bieber menyebut jika kondisi tersebut disebabkan oleh Sindrom Ramsay Hunt. Apa itu Sindrom Ramsay Hunt dan apa penyebabnya?

Sindrom Ramsay Hunt adalah suatu kondisi yang menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan di bagian wajah dan terdapat ruam di sekitar telinga yang mempengaruhi pendengaran.

 

Penyebab Sindrom Ramsay Hunt

Virus varicella-zoster merupakan penyebab dari Sindrom Ramsay Hunt. Ini adalah semacam virus yang sama yang menyebabkan cacar air dan herpes zoster.

Bagi mereka yang pernah mengalami cacar air, virus yang sudah tidak aktif ini bisa kembali aktif di tahun-tahun berikutnya dan virus ini kemudian akan meradang dan menyerang saraf yang mempengaruhi gerak dan perasa di wajah. Kondisi inilah yang memicu munculnya ruam atau herpes zoster.

 

Baca Juga: 4 Fakta Lumpuhnya Separuh Wajah Justin Bieber, Salah Satunya Percaya Ada Rencana Tuhan

 

Gejala Sindrom Ramsay Hunt

Virus yang menyebabkan ruam di dekat bagian telinga akan membuat beberapa bagian otot wajah lemah. Kondisi inilah yang membuat separuh wajah Justin Bieber terasa kaku. Bagi penderita mereka akan merasa sulit tersenyum atau benar-benar menutup sebelah mata. Bahkan parahnya, kelumpuhan ini bisa membuat komunikasi penderita terganggu.

Berikut beberapa gejala Sindrom Ramsay Hunt:

- Rasa sakit di bagian telinga dan muncul ruam

- Terjadi gangguan pendengaran 

- Telinga berdenging

- Mengalami vertigo dan merasa sekitar seperti berputar

- Mual dan muntah

 

Apakah Sindrom Ramsay Hunt sama dengan Bell’s Palsy?

Sindrom Ramsay Hunt dan Bell’s Palsy bisa dibilang sama-sama disebabkan oleh virus. Namun dalam hal ini Bell’s Palsy lebih banyak disebabkan oleh virus herpes genital dan



BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Webmed
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami