Biar Suami Istri Ga Ribut Terus Karena Masalah Keuangan, Pahami Hal Ini Yuk

Finance / 14 June 2022

Kalangan Sendiri

Biar Suami Istri Ga Ribut Terus Karena Masalah Keuangan, Pahami Hal Ini Yuk

Claudia Jessica Official Writer
865

Uang menyebabkan banyak masalah bagi banyak orang, termasuk pasangan menikah. Bahkan banyak pernikahan yang runtuh karena masalah keuangan rumah tangga. Yang membuatnya menarik, tidak banyak pasangan yang memilih berpisah karena kekurangan uang, tetapi karena perbedaan pendapat tentang cara mengelola keuangan rumah tangga mereka.

Ketidakcocokan ini seringkali terjadi karena perbedaan satu sama lain memperlakukan uang. Dikutip dari echristianfinance.com, psikolog memiliki banyak kelompok untuk mengkategorikan orang. Namun untuk tujuan keuangan, kebanyakan orang masuk ke dalam 2 kategori teratas yakni (savers) penabung dan pembelanja (spenders).

Anda mungkin tahu kategori Anda dan biasanya Anda akan beranggapan pasangan berada di kategori sebaliknya. Ini adalah hal yang menarik dan tidak selalu berakhir buruk.

Penabung bisa saja melihat orang yang pembelanja karena menilai mereka sebagai orang yang murah hati, tidak pelit, dan lainnya. Sedangkan pembelanja bisa juga melihat orang yang suka menabung sebagai seseorang yang bertanggung jawab secara finansial. Jika keduanya berada dalam satu pernikahan, hal ini bisa membantu pernikahan Anda mencapai keseimbangan yang baik.

Penabung bisa hidup dalam menyedihkan karena terlalu pelit dan pembelanja dapat berakhir dengan hutang karena tidak bisa mengatur keuangannya dengan baik. Harus ada keseimbangan di antara keduanya. Penabung harus menyadari bahwa keamanan finansial tidak bisa dicapai hanya dengan menyimpan uangnya terus dan pembelanja dapat menyadari bahwa mereka tidak bisa selalu membeli apa yang mereka inginkan. Jadi, jangan putus asa jika Anda dan pasangan memiliki pandangan yang berbeda tentang keuangan. Tuhan telah mempersatukan Anda dan pasangan dengan suatu alasan.

Terlepas dari apakah Anda tipe penabung atau pembelanja, ada beberapa hal yang dapat Anda pelajari untuk memperbaiki dan mengatur keuangan rumah tangga berikut ini:

 

BACA JUGA: 5 Ayat Alkitab tentang Mengelola dan Mengatur Keuangan yang Perlu Kamu Ketahui

 

1. Membangun anggaran bersama

Anggaran adalah langkah pertama yang baik dalam menentukan batasan keuangan dan tujuan dalam jangka panjang. Anggaran yang terperinci akan membantu Anda untuk menyeimbangkan pendapatan dengan pengeluaran, sekaligus memungkinkan Anda melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan. Penyusunan anggaran harus mengakomodasi kebutuhan kedua pasangan.

 

2. Buat tujuan jangka panjang

Kebanyakan pasangan sering menghabiskan banyak waktu untuk merencanakan liburan alih-alih tujuan keuangan jangka panjang. Sebaiknya utamakan untuk menabung untuk uang muka rumah, mendanai rekening pensiun, atau melunasi hipotek lebih cepat dari jadwal, dll. Namun bukan berarti Anda tidak boleh liburan ya! Prioritaskan apa yang perlu Anda dahulukan.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : echristianfinance.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami