Perlakukan Orang Lain Sesuai 5 Bahasa Kasih Ini

Kata Alkitab / 6 June 2022

Kalangan Sendiri

Perlakukan Orang Lain Sesuai 5 Bahasa Kasih Ini

Lori Official Writer
846

Tidak semua orang bisa meresponi kebaikan atau perhatian Anda jika hal itu Anda lakukan dengan bahasa kasih yang salah.

Karena itu penting sekali untuk memahami bahasa kasih orang lain untuk menentukan tindakan apa yang tepat untuk memperlakukan mereka.

Di artikel ini kita akan membahas tentang 5 bahasa kasih dan bagaimana bahasa kasih ini membantu Anda untuk meningkatkan hubungan dengan orang lain.

 

Mengenal 5 Jenis Bahasa Kasih

The Five Love Languages: The Secret To Love that Lasts adalah buku yang ditulis oleh Dr. Gary Chapman. Buku ini sangat terkenal hingga menjadi buku paling laris di New York Times setiap tahunnya.

Chapman mendefinisikan bahasa kasih sebagai cara memberi dan menerima kasih satu dengan yang lain. 

 

Baca Juga:

Lima Bahasa Cinta

Ternyata "I Love You" Saja Tidak Cukup

 

Berikut 5 jenis bahasa kasih:

1. Act of Service (tindakan melayani/dilayani)

2. Receiving Gifts (menerima/memberi hadiah)

3. Quality Time (waktu berkualitas)

4. Words of Affirmation (kata-kata pujian atau perlakuan romantis)

5. Physical Touch (sentuhan fisik)

Chapman menyebutkan bahwa setiap orang memiliki setidaknya dua dari lima bahasa kasih. Karena itu penting sekali untuk mengidentifikasi bahasa kasih kita sendiri dan juga bahasa kasih orang lain. Hal ini bukan hanya memudahkan kita untuk bertindak dengan tepat saat berhubungan dengan orang lain tetapi juga membuat kita terhindar dari konflik. 

Misalnya, dengan mengetahui bahasa kasih orang lain Anda bisa menghindari diri dari tindakan yang menyakitinya. Mungkin becandaan Anda yang sarkastik dan yang tidak bisa diterima oleh mereka yang memiliki bahasa kasih Words of affirmation. Atau, ketika seseorang memiliki bahasa kasih Acts of service Anda bisa menghindari kebiasaan Anda yang berantakan. 

 

Baca Juga: 

Keintiman dan Romantisme

Review Buku: Bahasa Kasih dari Tuhan

 

Bagaimana cara mendeteksi bahasa kasih?

Jika Anda tidak yakin tentang bahasa kasih Anda, Anda bisa melakukan sejumlah tes online yang disediakan di internet. Atau cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengamati tindakan Anda terhadap orang lain. Apakah Anda adalah pribadi yang gemar memuji orang lain? Memberikan sentuhan fisik? Memberi kejutan hadiah? Apakah Anda suka menghabiskan waktu berlama-lama dengan orang lain? Apakah Anda gemar membantu orang lain? 

Tindakan-tindakan ini bisa sangat membantu Anda menentukan tindakan apa yang paling dominan Anda lakukan. Dengan mengetahui tipe seperti apa kita merupakan satu bentuk kesadaran tentang identitas diri kita sebagai orang-orang yang hidup di dalam kasih. Seperti disampaikan Yesus di Yohanes 13: 34, “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.”

Apakah Anda ingin menjadi saluran kasih Tuhan bagi sesama? Identifikasi siapa Anda dan kenali lebih dulu orang lain sebelum Anda bertindak sesuai dengan keinginan Anda. Jangan biarkan tindakan Anda justru membuat orang lain merasa tidak nyaman dan kesal dengan tindakan Anda.

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami