3 Karakter yang Bikin Anda Sukses Jadi Pemimpin

Finance / 3 June 2022

Kalangan Sendiri

3 Karakter yang Bikin Anda Sukses Jadi Pemimpin

Lori Official Writer
556

Ada banyak orang yang ingin sekali menjadi pemimpin. Namun untuk berada diposisi tersebut pun tidaklah mudah. 

Menjadi seorang pemimpin bukan hanya sekadar memberikan perintah kepada bawahannya. Sebaliknya, bagaimana ia bisa memperlakukan bawahan dengan baik dan penuh apresiasi.

Seorang pemimpin harus menyadari bahwa anak buah atau bawahannya pasti bisa menilai atau membedakan mana pemimpin yang tulus dan mana yang tidak. Karena itu penting untuk memimpin dengan sepenuh hati dan memiliki kerinduan untuk melihat bawahannya maju.

Pemimpin yang memiliki hati leadership biasanya akan lebih dihargai oleh bawahan. Karena bawahan tahu bahwa pemimpinnya memiliki hati untuk melihat semua bawahannya maju.

“Selama kita memimpin dengan hati yang tulus, hati yang baik, hati yang memang menginginkan mereka maju, mereka itu appreciate. Kita mau marah seperti apapun mereka tahu kita marah demi kebaikannya mereka,” ungkap Coach Yungky.

 

Baca Juga: Begini Lho Cara Sukses Bangun Networking yang Baik di Dunia Kerja

 

Dia juga menambahkan bahwa seorang pemimpin yang baik juga akan menegur bawahan jika terbukti melakukan kesalahan.

“Kalau salah memang harus ditegur, ya kalau agak melenceng dikit juga kita harus luruskan kembali. Tapi intinya kita tidak hanya menegur dan memarahi yang bersangkutan tapi kita memberikan juga advice atau memang saran untuk dia itu next time jangan begini,” ungkap Coach Yungky.

Namun biasanya pemimpin yang baik akan menegur dengan cara yang bijaksana. “Menegur dengan kata-kata yang membangun, bukan dengan kata-kata yang menjatuhkan,” lanjutnya.

Seperti diungkapkan oleh Coach Yungky Setiawan, terdapat 3 karakter pemimpin yang baik.

1. Good Listening Skill

Sebagai pemimpin harus bisa mendengar dengan baik. Tetapi bukan berarti menjadi pemimpin yang punya kuping tipis yang bisa memicu emosi yang tak beralasan. Karena itu, pemimpin harus bijaksana untuk bisa mendengar hal-hal yang baik.

 

2. Punya Hati yang Peduli

Seorang pemimpin harus memiliki hati yang peduli terhadap bawahan, bagaimana dia memiliki kerinduan supaya bawahannya maju dan bagaimana dia tidak pelit untuk mengapresiasi bawahan atas hasil kerja yang mereka lakukan.

 

Baca Juga: Jawaban Marketplace: Merasa Gagal Dalam Pekerjaan? Mungkin Anda Butuh Ini…

 

3. Menanggalkan Sifat Egoismenya

Seorang pemimpin yang baik juga harus memiliki karakter yang tidak egois. Dia harus mendahulukan anak buahnya untuk bisa maju. Karena itulah memimpin harus dibarengi dengan kerendahan hati.

Seperti disampaikan dalam Markus 10: 43-44, “Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya.”

Tentunya Tuhan mau orang-orang percaya bisa menjadi seorang pemimpin yang bukan hanya baik tetapi juga rendah hati.

 

Baca Juga: Apakah Motivasi Anda Membantu Orang Lain? Cek di Sini Yuk...

 

Saksikan tayangan selengkapnya melalui video di bawah ini.

 

Sumber : Jawaban Marketplace
Halaman :
1

Ikuti Kami