Menjadi Generasi-generasi Yosua, Apa Maksudnya?

Kata Alkitab / 26 May 2022

Kalangan Sendiri

Menjadi Generasi-generasi Yosua, Apa Maksudnya?

Lori Official Writer
1370

Generasi Yosua adalah generasi yang lebih dari pemenang. Kenapa harus Yosua? Siapa itu Yosua?

Yosua adalah seorang pemimpin bangsa Israel yang paling efektif yang pernah ditulis dalam Alkitab. Di bawah bimbingan Musa, Yosua menunjukkan ketaatannya kepada Allah.

Dia bukan saja berhasil memimpin bangsa Israel menaklukkan Tanah Perjanjian, tetapi Dia juga berhasil memimpin generasinya selama 40 tahun lamanya untuk tetap setia kepada Allah.

Baca kisah Yosua selengkapnya di Yosua 1. Di sana Anda akan menemukan bahwa Tuhan sendiri memilih Yosua untuk menggantikan Musa memimpin bangsa Israel menyeberangi sungai Yordan menuju tanah Kanaan karena dia dianggap siap untuk menjalankan tugas tersebut.

“Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu.” (Yosua 1: 2).

Yosua mewakili generasi muda, dimana dialah yang menyelesaikan tugas Musa untuk membawa bangsa Israel masuk ke Kanaan. Di masanya, Yosua menghadapi tantangan yang berbeda dari masa kepemimpinan Musa. Dia dipanggil untuk panggilan yang berbeda yaitu berperang mengalahkan penduduk Kanaan demi merebut wilayah yang sudah dijanjikan atas mereka.

Yosua menjadi generasi termuda yang belajar banyak tentang pola kepemimpinan dari generasi sebelumnya. Dia belajar bagaimana memimpin dengan otoritas dan juga kasih, bagaimana membangun relasi dengan Tuhan, bagaimana menjadi tunduk dan taat baik kepada Musa maupun kepada Tuhan. Bahkan saat Musa berada di gunung bertemu dengan Tuhan, Yosua belajar bahwa kewibawaan Musa berasal dari kedekatannya dengan Tuhan. Pelajaran inilah yang menjadi bekal bagi Yosua menjadi pemimpin yang lebih baik Musa.

 

Baca Juga: 7 Pelajaran Dari Yosua Yang Akan Membantu Kita Saat Iman Kita Diuji

 

Apa yang seharusnya kita miliki supaya kita disebut dengan generasi Yosua?

1. Siap Berperang

Yosua adalah orang kepercayaan Musa yang ditempatkan untuk memimpin perang. Dan ditangan Yosua, bangsa Amalek takluk. Dari sinilah muncul karakter pejuang di dalam diri Yosua, sehingga setelah dipercayakan memimpin bangsa Israel, Yosua pun dengan berani memimpin bangsa Israel berperang menaklukkan beragam penghalang untuk merebut Tanah Perjanjian. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami