6 Tipe Pemimpin Dalam Gereja, Anda yang Mana?

Kata Alkitab / 19 May 2022

Kalangan Sendiri

6 Tipe Pemimpin Dalam Gereja, Anda yang Mana?

Lori Official Writer
544

Salah satu indikasi pertumbuhan gereja ditentukan oleh pemimpinnya. Ini menjadi alasan mengapa mengenali tipe kepemimpinan di dalam gereja itu sangat penting. 

Berikut adalah 6 tipe pemimpin gereja yang perlu kita ketahui.

1# Kapten Kapal

Berdasarkan fungsinya, kapten kapal biasanya adalah sosok penentu arah dan kecepatan kapal. Nah, di dalam gereja pemimpin tipe ini akan bertindak sebagai penentu arah, pengambil keputusan operasional, pemberi semangat dan menjadi pusat pengaruh sendirian.

 

2# Coach

Coach atau pelatih pada umumnya adalah sosok yang berfungsi untk menentukan standar kinerja orang yang dilatihnya. 

Jadi, ketika seorang pemimpin mengambil peran sebagai coach, maka dia akan lebih banyak bekerja untuk mengembangkan orang yang ada bersamanya, yaitu mengenali potensi atau talenta setiap pengikutnya/bawahannya, mengembangkannya dan mengajak mereka menentukan arah serta pilihan cara mencapainya.

 

Baca Juga: Ingin Jadi Pemimpin Gereja yang Tangguh Seperti Yesus, Lakukan 7 Hal Ini…

 

3# Dirigen

Di dalam dunia musik, seorang dirigen adalah penentu kekompakan di dalam paduan suara atau pemain musik. Sebagai pemimpin, tipe dirigen umumnya memiliki kemampuan untuk menyatukan potensi setiap orang, memotivasi, memberi signal apa yang perlu ditekankan atau dikurangi serta menjadi koordinator atas tim.

 

4# Pemandu Wisata

Seorang pemandu wisata biasanya akan membuat peserta wisata menikmati relasi dan belajar dari pengalaman bersama. 

Jadi tipe pemimpin semacam ini akan bergerak bersama orang yang dipimpinnya dan memimpin mereka kepada tujuan. Ia juga cenderung menawarkan pilihan-pilihan sehingga orang-orang yang ia pimpin merasa nyaman.

 

5# Petani

Keseharian seorang petani adalah menggarap ladang dan menabur benih. 

Dalam kepimpinan, tipe ini merupakan sosok yang bertugas untuk menanam benih pada diri bawahannya, menyirami, menjaga dan memanen hasilnya. Kebanggaannya adalah bila anak buahnya berhasil. 

 

Baca Juga: Belajar Leadership Dari Nehemia, Ini Lho 4 Karakter yang Harus Anda Miliki

 

6# Panglima

Di dunia kemiliteran, posisi seorang panglima sangat merupakan pusat komando. 

Ketika dia memimpin, dia akan berani menanggung risiko demi membela pasukannya, mengambil keputusan sulit, menghadapi tantangan, dan mempertahankan mendapatnya serta mendorong bawahannya mengejar tujuan yang ditentukan.

Berdasarkan hasil survei dari Bilangan Research Center (BRC) di tahun 2021, ditemukan bahwa rupanya dari keenam tipe kepemimpinan di atas, kebanyakan pemimpin gereja di Indonesia mengadopsi kepemimpinan coach. Menurut data ditemukan bahwa kepemimpinan tipe coach mencapai 39.3%, lalu disusul oleh Kapten Kapal sebesar 19.0%, Dirigen sebesar 14.4%, Petani sebesar 14.3%, Pemandu Wisata 7.1% dan Panglima Perang sebesar 5.8%.

Jika Anda adalah seorang pemimpin gereja, kira-kira tipe pemimpin yang manakah Anda? Apakah cara Anda memimpin sudah maksimal untuk mendorong pertumbuhan rohani jemaat yang Anda pimpin? Semoga dengan informasi ini, Anda semakin terpacu untuk memperluas kerajaan Allah di dunia.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami