Bikin Bangga! Nama Pastor NTT Ini Diabadikan Jadi Nama Jalan di Argentina

News / 10 May 2022

Bikin Bangga! Nama Pastor NTT Ini Diabadikan Jadi Nama Jalan di Argentina

Lori Official Writer
426

Sebuah jalan di Kota Puerto Esperanza, Argentina secara khusus diberi nama dari seorang pastor asal Nusa Tenggara Timur (NTT) Pater Amans Laka SVD. 

Seperti diketahui, Pastor Pater telah mengabdikan hidup selama belasan tahun menjalankan tugas pelayanan di Argentina. Hingga dua tahun terakhir, dia pindah ke Kuba. 

Nama sang pastor pun dikenang sebagai nama jalan di kota tersebut dan diabadikan dalam buku berjudul “Jalan Sambil Berjalan”, Narasi Hidup dan Karya Pater Amans Laka, Missionaris Societas Verbi Divini (SVD). Buku ini mengisahkan tentang perjuangan Pater Amans dalam mendirikan sekolah di tanah misi hanya dalam waktu lima bulan.

 

Baca Juga: Mengerjakan Panggilan Allah Di Ladang Misi Terdekat? Maukah Engkau?

 

Menariknya, Pater Amans adalah satu-satunya misionaris yang mau memberi diri untuk merintis pelayanan di tempat tersebut. Meskipun pada awalnya banyak yang meragukan apa yang ia lakukan, namun ia membuktikan jika tempat pembabatan kayu tersebut akhirnya berkembang seperti sekarang ini.

“Mereka bilang ke Pater Amans, sampai kucing bertanduk pun tidak akan ada jalan yang dibangun. Pater Amans bilang saya mau bangun sekolah di situ, jalan akan dibangun. Kalau bangun sekolah, maka kayu-kayu untuk pembangunannya kalian yang tanggung,” ungkap Robert Laka, penulis buku Jalan Sambil Berjalan.

Pelayanan rintisan Pater Amans pun mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Indonesia, Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar RI di Argentina. Sementara Provinsi NTT menyebut sang pastor sebagai mutiara dari Timur.

“Atas nama pemerintah dan pribadi, saya sangat mengapresiasi dan profisiat kepada Pater Amans, seorang kefamenanu yang mungkin dulu tidak pernah membayangkan namanya menjadi nama jalan di Argentina,” ungkap Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi di Kupang pada Minggu, 8 Mei 2022.

 

Baca Juga: Harga Sebuah Ketaatan Bikin Pria Asal Amerika Ini Mati Ketika Mengabarkan Injil. Salut!

 

Wagub Josef pun menghimbau agar generasi muda di NTT bisa mengikuti jejak yang dilakukan Pater Amans, khususnya untuk pembangunan NTT sendiri. 

Perjalanan pelayanan sang misionaris ini tentunya menjadi pengingat bagi gereja-gereja di Indonesia, supaya memiliki beban yang sama dalam bermisi dan memberi hidup untuk melayani sesama.

Sumber : Antaranews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami